Koperasi Bakal Ditertibkan

Koperasi Bakal Ditertibkan
Posted by:

Prabumulih, Palembang Pos.-
Banyaknya koperasi tak aktif alias mati suri, membuat Pemerintah kota Prabumulih, gerah. Terkait itu, direncanakan segera menertibkan koperasi mati suri tersebut. Berdasarkan catatan, dari 100 koperasi hanya 70 persen yang aktif. Sementara sisanya, 30 persen lagi tidak aktif dalam beberapa tahun terakhir.
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal (Kadiskoperindag PM) kota Prabumulih, Junaida SE melalui Kabid Bina Koperasi, Allius Effendi mengatakan, penertiban akan dilakukan dalam waktu dekat.
Menurut Allius, sebelum penertiban pihaknya segera kroscek guna melihat kondisi ke-30 koperasi tersebut. “Masih akan kita lihat. Jika koperasi-koperasi itu memang sudah tidak ada pengurusnya lagi, lebih baik kita bubarkan,” tuturnya.
Pembubaran koperasi tersebut, lanjut Allius, sudah sesuai aturan tertuang dalam UU no 17 tahun 2012 tentang perkoperasian.  Disitu disebutkan, badan koperasi bisa dibubarkan melalui 3 cara. Pertama, melalui rapat anggota tahunan. Kedua, bubar jika masa badan hukum telah habis. “Terakhir, dibubarkan oleh pemerintah karena sudah tidak bisa diharapkan keberlangsungannya,” jelasnya.
Tidak aktifnya koperasi tersebut, disebabkan beberapa faktor. Salah satunya, ketidakmandirian pengurus dalam melakukan pengelolaan. “Kebanyakan pengurus operasionalnya hanya menunggu bantuan dana Pemerintah. Mereka kurang memanfaatkan sumber daya yang ada pada anggotanya,” pungkasnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses