Kopi Semende Jadi Icon

Kopi Semende Jadi Icon
Posted by:

Muara Enim, Palembang Pos,-
Produksi kopi Semende terus ditingkatkan kualitasnya. Kini, kopi tersebut dijadikan icon Kabupaten Muara Enim, karena Semende merupakan satu-satunya daerah penghasil kopi di Bumi Serasan Sekundang.
Untuk menuju produksi kopi Semende berkualitas,   Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim telah melakukan kerjasama dengan Balai Penelitian kopi dan Kakao di Jember Jawa Timut.
“Kita programkan kerjasama dalam pendampingan untuk kelompok tani di Semende,” ujar Ir  Mat Kasrun, Kepala Dinas Perkebunan Muara Enim, kemarin.
Menurutnya, Balai Penelitian Kopi dan Kakao, pernah melakukan penelitian. Pada penelitian itu  ada semacam rekomendasi yang harus dilakukan. 
Seperti masalah teknis pemeliharaan yang masih kurang dan masih dilakukan secara tradisional. Akan lebih baik, kopi Semende ada hak paten untuk cita rasa kopi.
Produk kopi semende, sebetulnya punya cita rasa khusus. Diharapkan kualitas kopi dapat lebih ditingkatkan, termasuk produksi kopi. Sebab daerah lain,  sudah ada brand tersendiri seperti kopi Bondowoso, Kopi Kintamani dari Bali. “Kita ingin ada semacam hak cipta untuk cita rasa kopi Semende,” ujarnya. (luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses