Kota Pagaralam Gelap Gulita Berjam-jam

Kota Pagaralam Gelap Gulita Berjam-jam
Posted by:

PAGARALAM – Aktivitas sebagian besar masyarakat Kota Pagaralam sengkiap (bahas Pagaralam) alias nyaris lumpuh total. Kejadian Sabtu (27/1/18). Hal itu dikarenakan padamnya listrik yang berlangsung selama berjam-jam, lantaran dampak dari cauca buruk.
Daerah yang padam mencakup sebagian besar wilayah Kota Pagaralam mulai Dempo Tengah, Dempo Utara, Dempo Selatan, dan sebagian kawasan kota. Akibatnya, rumah-rumah penduduk, dan jalan nampak gelap gulita.
Dengan kondisi itu, sebagian warga nampak menggunakan mesin generator seat (Genset). Listrik baru hidup pada Minggu dinihari (28/1/18) sekitar pukul 03.00 WIB. Manager PLN Rayon Pagaralam, Michael S Siahaan membenarkan peristiwa padam listrik. Kata dia, peristiwa padam listrik pada Sabtu lalu meliputi hampir semua wilayah Pagaralam.
“Yang tidak padam mulai dari GI (Gardu Induk) sampai jalan Dempo Reokan (Dempor),” ujar Michael, saat dihubungi Palembang Pos, Sabtu (27/1/18).
Mengapa bisa padam? Michael mengatakan, padam listrik diakibatkan jaringan listrik yang terkena pohon maupun ranting. Pohon maupun ranting roboh lantaran terkena angin kencang. Lokasi peristiwa ini disebutkan Michael tersebar di berbagai titik di Pagaralam. “Seperti di kawasang Lematang, tiang listrik sampai patah karena kabelnya tertimpa pohon,” ucap Michael.
Sementara itu di kawasan Gunung Dempo, sebuah tiang listrik roboh. Karena itu, Michael melanjutkan, mau tidak-mau listrik harus dipadamkan. Sebab, untuk perbaikan jaringan tersebut memerlukan dalam kondisi bebas tegangan listrik. Setelah jaringan berhasil diperbaiki, barulah listrik dinormalkan kembali. “Kami berusaha keras agar listrik dapat normal sesegera mungkin,” ujarnya. Hingga kemarin siang, petugas PLN masih berusaha keras memperbaiki jaringan listrik di berbagai lokasi yang mengalami gangguan.
Diakui Michael, cuaca buruk seperti angin kencang memang rentan memicu terjadinya gangguan listrik di Pagaralam. Sebabnya, banyak jaringan listrik di Pagaralam yang berdekatan dengan tanam tumbuh. Untuk itu dia menghimbau, kesediaan warga agar pepohonan miliknya yang berdekatan dengan jaringan listrik ditebang. “Kami akan berusaha terus mengintensifkan pembersihan jaringan dari tanam tumbuh,” ujarnya sembari menambahkan, masyarakat bisa memanfaatkan layanan call center PLN di nomor 0730123. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses