KPU Bongkar Kotak Suara Pilwako

KPU Bongkar Kotak Suara Pilwako
Posted by:

LUBUKLINGGAU –
Komisi Pemiihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau bongkar kota suara pemikihan walikota (pilwako) Lubuklinggau 2018. Pembongkaran kota suara tersebut dilakukan untuk pengambilan form ATB yang ada di dalamnya.
“Form ATB-KWK harusnya disimpan diluar kota suara, tetapi oleh KPPS dimasukkan ke kotak suara,” demikian dikatakan dikatakan Devisi Data KPU Lubuklinggau, Efrizal, Kamis (19/7/18).
Menurut Efrizal, pembukaan kota suara itu berdasarkan petunjuk KPU RI yang tertuang dalam surat KPU RI No.703/PL.02.1-SD/01/KPU/VI/2018 tentang penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil perbaikan pemilu tahun 2019, tertanggal 17 juli 2018. “Jadi pembongkaran kota suara berdasarkan petunjuk langsung dari KPU RI,” jelas Efrizal.
Dimana lanjutnya untuk Form ATB yang masuk dalam kotak suara, maka kotak suara dapat dibuka. “Jadi kotak suara yang dibuka hanya yang di dalamnya ada Form ATB saja,” ujar Efrizal.
Sedangkan yang Formnya diluar ATB tidak dibongkar. “Jadi hanya beberapa PPK saja yang dibuka, itupun tidak semua PPS,” terang Efrizal.
Lebih lanjut Efrizal menjelaskan Form ATB ini merupakan form yang berisi daftar pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada hari H (pemungutan suara) dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Dimana pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT/ DPT tambahan. Jadi mereka memilih berdasarkan KTP elektronik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) wilayah tempat tinggalnya,” kata Efrizal.
Pengambilan form ATB ini tambah Efrizal dilakukan karena KPU membutuhkan by name by adrees, untuk dimasukan dalam DPS hasil perbaikan pemilu 2019. Ditambahkan Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri, menjelaskan bahwa pembobgkaran kota suara ini tidak hanya dilakukan oleh KPU, namun pihaknya mengikut sertakan Panwaslu dan pihak kepolisian. “Setiap kotak suara yang dibongkar setelah diambil Form ATB nya langsung di segel dan disimpan kembali di gudang,” kata Efriadi.
Sementara itu berdasarkan data KPU Lubukinggau, total warga yang menggunakan hak pilihnya dengan KTP elektronik mencapai 5.309 orang. Jumlah inilah yang akan dimasukkan dalam DPS hasil perbaikan Pemilu 2019. Sedangkan jumlah DPT tambahan yang digunakan dalam pilwako Lubuklinggau 2018 sebanyak 155.153 pemilih. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses