KPU Musnakan Ribuan Surat Suara

KPU Musnakan Ribuan Surat Suara
Posted by:

EMPAT LAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang memusnahkan ribuan surat suara Pemilu Legislatif tahun 2009. Pemusnahan barang milik negara tersebut dilakukan setelah dilakukan pelelangan, namun tidak ada yang berminat.
Pemusnahan yang dilaksanakan di halaman kantor KPU Empat Lawang disaksikan Ketua Panwaslu Rudiyanto, Kabag Ops Polres Empat Lawang Kompol Sukarminto dan Kasi Datun Kejari Empat Lawang Eriksa Ricardo SH serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat Dwi Cahyono, Senin (12/3/18).
Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan mengatakan, di kantor KPU Empat Lawang tidak mencukupi untuk menyimpan barang/kertas suara tersebut karena kedepannya akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak sehingga akan menerima logistik lebih banyak lagi. Kertas suara yang dimusnahkan sempat dilelang namun tidak ada pihak yang berminat sehingga dimusnahkan dengan cara dibakar.
“Pemusnahan terpaksa kita lakukan, karena tidak ada tempat penyimpanannya, sedangkan setelah dilelang tidaj ada yang berminat. Karena itu, pembakaran kita lakukan dengan disaksikan oleh instansi terkait,” katanya.
Ditambahkannya, pemusnahan surat suara ini juga meringankan KPUD Empat Lawang karena gudang yang ada akan diisi dengan kertas suara pilkada 2018, selain itu Gudang KPUD kapasitasnya juga terbatas. “Gudang kita kapasitasnya terbatas setidaknya dengan pemusnahan bisa meringankan KPU Empat Lawang,” ujarnya.
Sementara itu, Dwi Cahyono dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat menuturkan, pemusnahan surat suara yang merupakan barang milik negara tersebut sesuai dengan aturan berdasarkan surat keputusan dari KPKNL dengan persyaratan pemusnahan harus setelah dilalui oleh tahapan lelang, apabila dalam lelang tidak ada yang berminat maka barang milik negara dapat di musnahkan.
“Sebelumnya, KPU Empat Lawang sudah melakukan pelelangan, namun tidak ada yang berminat. Sesuai dengan aturannya, bila tidak ada yang berminat, barang milik negara ini bisa dilakukan pemusnahan,” pungkasnya. (cw09)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses