KPU Tetapkan H2G ber Arti Calon Terpilih

KPU Tetapkan  H2G ber Arti  Calon Terpilih
Posted by:

MUARA BELITI – Sehari pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pilihan Umum Daerah Musi Rawas (KPUD Mura) resmi menetapkan H Hendra Gunawan – Hj Suwarti (H2G ber Arti), sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih. Pleno penetapan bupati dan wakil bupati 2015-2021 tersebut, berlangsung di Gedung Serba Guna Muara Beliti, Rabu (27/1).
Proses penetapan calon terpilih (calih) tersebut disambut gembira oleh tim dan pendukung H2G ber Arti. Hal itu diapresiakan dalam bentuk saling mengucapkan selamat antar sesama tim dan pendukung.
Sementara itu, H2G berarti menyatakan bahwa dengan penetapan bupati dan wakil bupati Mura, itu artinya pesta demokrasi di Mura juga sudah selesai. Karena itu diharapkan semua masyarakat Mura kembali bersatu dan tidak lagi terkotak-kotak.
“Kalau sebelumnya ada tim A dan tim B, atau tim C, sekarang sudah selesai mari bersama-sama kita membangun Mura agar kedepan masyarakat sejahterah, mandri, religius, dan yang terpenting lagi Mura kedepan menjadi kabupaten yang aman dan nyaman, sehingga terwujud Mura Darussalam Sempurna,” kata H2G.
Ditambahkan H2G, untuk membangun Mura ke depan, tantangan yang dihadapi akan lebih berat lagi. Apalagi Kabupaten Mura masih menjadi salah satu daerah tertinggal di Indonesia, hal ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi bupati dan wakil bupati untuk segerah keluar dari predikat tersebut.
“Kita masih mendapatkan predikat daerah tertinggal, tentunya kita sudah memetakan bagimana program untuk mengeluarkan Mura tidak lagi sebagai daerah tertinggal, kebetulan sebelumnya saya berada di Bappeda, jadi, Insyah Allah dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun Mura keluar dari predikat tersebut,” jelas H2G.
Dalam kesempatan itu juga H2G ber Arti, menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya, kepada seluruh masyarakat, penyelenggara pilkada dalam hal ini KPU dan Panwaslu, begitu juga dengan pihak pengamanan. “Alhamdulillah, kami ucapkan syukur dan kami juga berterimakasih kepada seluruh masyarakat, penyelenggara pilkada, Dandim, Polres, pemerintah daerah beserta jajarannya, dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu,” kata H2G.
Kalaupun di dalam proses dan pelaksanaan pilkada ada sedikit riak atau konflik, menurut H2G, itu merupakan bunga-bunga demokrasi. Dia berharap semua pihak melupakan hal itu apalagi semuanya sudah beralu. “Sekarang mari kita kembali bersatu dan mohon doanya agar saya dan wakil dapat memimpin Mura lima tahun kedepan sesuai dengan visi an misi yang telah kita sampaikan sebelumnya,” tegas H2G.
Sementara itu, Devisi Hukum KPUD Mura M Hidayat menegaskan, bahwa berdasarkan keputusan Mahkama Konstitusi (MK) pada 26 Januari lalu, yang menyatakan menolak gugatan dari paslon nomor urut 1, maka dengan serta merta KPUD Mura melakukan pleno penetapan paslon terpilih.
“Sesuai dengan hasil rapat pleno KPU Kabupaten Mura, tertuang dalam berita acara nomor 007/BA/KPU.MURA/I/2016 tentang penetapan paslon terpilih periode pada Pemilukada 2016, memutuskan paslon H Hendra Gunawan-Hj Suwarti sebagai paslon terpilih berdasarkan hasil Rekapitulasi suara yang telah disahkan KPU Kabupaten Mura sebeumnya,” ungkap Dayat.
Rapat pleno penetapan paslon terpilih tersebut, ditegaskan Dayat, dalam rangka menindaklanjuti PKPU Nomor 11 Tahun 2015 tentang rekapitulasi suara, dan amar putusan MK yang telah diterima pihaknya. “Dengan ditolaknya permohon pemohon, KPUD Mura dalam kurun waktu 1×24 jam melaksanakan rapat pleno terbuka paslon terpilih periode 2016-2021,” ujarnya.
Untuk langkah selanjutnya, dikatakan Dayat, pihaknya akan segera menyampaikan laporan ke KPU Sumsel dan KPU RI, tetang hasil rapat pleno pada hari ini serta menyampaikan hasil laporan Pleno terbuka ke DPRD Kabupaten Mura.
“Secepatnya mungkin kita akan melaporkan ke DPRD Kabupaten terkait hasil rapat pleno ini, selanjutnya DPRD yang akan memproses kapan pelantikan paslon terpilih tersebut, sedangkan KPU rapat pleno penetapan calih mrpakan batas akhir tahapannya,” pungkas Dayat. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses