KTP Elektronik Tak Perlu Diperpanjang

KTP Elektronik Tak Perlu Diperpanjang
KTP Elektronik.
Posted by:

PALEMBANG – Beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat membuat kebijakan baru dengan memberlakukan KTP Seumur Hidup. Dengan demikian, KTP Elektronik yang ada selama ini tidak perlu dilakukan perpanjangan karena secara otomatis telah diperpanjang oleh sistem. Demikian diungkapkan Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Sumatera Selatan, Edward Chandra, kepada wartawan koran ini diruang kerjanya, Senin (15/2).
“Kecuali ada perubahan pada alamat yang harus dilaporkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di daerah masing-masing,” kata Edward.
Dijelaskan dia, meskipun di KTP masing-masing pemilik tertera masa berlaku, hal tersebut tidak menjadi masalah. Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk sudah menyurati seluruh kepala daerah di Indonesia.
Kemdagri sudah menyebarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 470/296/SJ tanggal 29 Januari 2016. Dalam Surat Edaran tersebut menyebutkan bahwa KTP Elekteronik untuk Warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup. Selanjutnya, KTP Elektronik yang ada tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.
“Sehubungan dengan itu kita sudah meminta kepada Gubernur untuk segera menerbitkan Surat Edaran. Mungkin dalam waktu dekat Surat Edaran tersebut sudah turun dan bisa diberlakukan di daerah masing-masing,” lanjut Edward.
Supaya masyarakat Sumsel memahami hal tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi mengenai Surat Edaran ini melalui unit-unit kerja dijajaran Pemerintahan Daerah masing-masing.
“Terutama mereka yang menyelenggarakan pelayanan publik,” ujar dia.
Sementara itu, terkait pemberlakukan Kartu Identitas Anak (KIA) yang juga diberlakukan Pemerintah Pusat mulai 2016 ini, ternyata di Sumsel belum bisa dilaksanakan lantaran beberapa hal.
“Kan baru beberapa hari lalu pemerintah mencanangkannya, jadi kita belum bisa laksanakan,” pungkasnya.(ety)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses