Kuasai Kota Sebelum Negara

Kuasai Kota Sebelum Negara
Posted by:

Espanyol v Barcelona
RCTI, pkl. 22.00 WIB

BARCELONA – Primera Divison memasuki fase krusial. Tiga tim teratas (Atletico Madrid, Barcelona, Real Madrid) harus terus mampu menuai hasil maksimal karena poin antarmereka yang berselisih ketat. Setiap pertandingan ibarat laga final. Tergelincir sedikit saja, mereka bakal out dari perburuan gelar.
Atletico memang memimpin klasemen. Namun, posisi pasukan Diego Simeone itu tidak aman. Sebab, Barcelona terus menekan mereka dengan hanya berselisih satu poin. Sementara itu, Real yang sempat memimpin klasemen selama empat pekan berada di peringkat ketiga dengan selisih tiga poin dari Los Rojiblancos –sebutan Atletico.
Di jornada ke-31 kali ini, dua klub Madrid menjamu lawan-lawan yang tak terlalu sulit. Atletico bakal berhadapan dengan Athletic Bilbao di Vicente Calderon sedangkan Real meladeni Rayo Vallecano di Santiago Bernabeu. Sementara itu, Barcelona harus melakoni laga Derbi Barcelona melawan tim sekota Espanyol.
Laga bakal ketat karena kedua klub telah lama membelah fanatisme warga kota Barcelona sejak pertama digelar pada 1929. Apalagi, kali ini Espanyol yang menjadi tuan rumah di Estadi Cornella-El Prat. Meski Barcelona dominan dengan 90 victory (dari 159 laga), Espanyol selama ini kerap menjadi batu sandungan bagi klub berjuluk El Blaugrana tersebut.
Dalam tiga laga terakhir, tiga pemain diganjar kartu merah. Di edisi 26 Mei 2013, Mubarak Wakaso diganjar kartu kuning kedua membuat Barca melenggang dengan victory 2-0. Di laga persahabatan pada 29 Mei 2013, kartu merah diberikan bagi kedua kubu, yakni Christian Stuani dan Alexandre Song.
Pada putaran pertama Primera Division 1 November lalu, Barcelona juga tidak gampang mengalahkan Espanyol. Mereka hanya mampu menang 1-0 dari gol semata wayang Alexis Sanchez. Barca harus waspada karena ini adalah laga pertama tanpa Victor Valdes yang cedera anterior cruciate ligament. Kiper kedua Jose Manuel Pinto bakal mengisi posisi Valdes.
Karena itu, jika ingin memenangi Primera Division, Barca harus mampu menguasai kota mereka terlebih dahulu. Gelandang Andres Iniesta siap kembali bertarung setelah sempat dibawa keluar lapangan saat Barca menggasak Celta Vigo 3-0.
”Derbi selalu spesial. Kami harus bertandang ke sana untuk menang meski pasti bakal sulit. Kami kembali bertarung untuk gelar La Liga dan setiap laga adalah final,” kata Iniesta seperti dikutip AFP.
Stamina bakal menjadi isu utama. Sebab, pada midweek nanti mereka harus berhadapan dengan Atletico Madrid di perempat final Liga Champions. “Bermain setiap tiga hari membuat kami harus terus berkonsentrasi. Tidak ada waktu untuk menikmati kemenangan. Kami harus terus waspada. Sangat sulit tapi kami harus terus melangkah,” kata Iniesta.
Kapten Espanyol Sergio Garcia bersumpah bakal menghambat laju Barca. “Barca mampu bereaksi dengan baik di situasi sulit. Kami harus 100 persen untuk bisa memenangi laga ini. Mengalahkan rival di kandang sendiri bakal jadi sesuatu yang fantastik,” katanya seperti dikutip Football Espana. (aga)

Perkiraan Pemain
Espanyol (4-2-3-1) : 13-Casilla (G); 16-Lopez, 19-Colotto, 15-Moreno, 18-Fuentes; 4-Sanchez, 14-Lopez; 20-Simao, 10-Pizzi, 8-Stuani; 9-Garcia.
Pelatih: Javier Aguirre

Barcelona (4-3-3) : 13-Pinto (G); 22-Alves, 3-Pique, 14-Mascherano, 18-Alba; 6-Xavi, 16-Busquets, 8-Iniesta; 7-Pedro, 10-Messi, 11-Neymar.
Pelatih: Gerardo Martino

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses