Kucuran Dana Desa Kurangi Kemiskinan

Kucuran Dana Desa  Kurangi Kemiskinan
Posted by:

 

 

 

INDERALAYA – Melalui tema “Membangun Desa Yang Mandiri Menuju Masyarakat Ogan Ilir Sejahtera” Dinas PMD  menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) yang berlangsung di Aula Caram Seguguk Perkantoran Tanjung Senai Indralaya, Senin (10/9/18).

Kegiatan Bursa Inovasi Desa di hadiri Bupati OI,  Para Asisten Setda OI Ketua Karang Taruna OI,Tenaga Ahli Provinsi,Tenaga Ahli Kabupaten OI, ,Camat dan Kepala Desa se Kabupaten OI, Pendamping Desa,anggota BPD dan Perangkat Desa.

Kepala Dinas PMD Ogan Ilir Trisno Pilhaq ST.MSi mengatakan, kegiatan ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Desa memiliki dua kewenangan khusus, yaitu kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa.

Untuk mendukung desa dalam pelaksanaan kedua kewenangan tersebut, Pemerintah telah mengucurkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sejak tahun 2015. Dengan  kuncuran dana ke desa-desa, diharapkan desa mampu untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Sementara tujuan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Kegiatan ini lanjut Trisno juga untuk menginformasikan secara singkat pelaku  program di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa, memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

Sementara itu Bupati OI HM Ilyas Panji Alam menyampaikan bahwa Dana Desa ini merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi kemiskinan,sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa. Dia  berharap bantuan dana desa ini dapat memacu dan memicu program pembangunan desa sehingga dana tersebut tepat pada sasarannya.Pada kesempatan tersebut juga  diberikan penghargaan kepada 16 Desa terbaik dalam melaksanakan Bumdes tahun 2018 Kabupaten Ogan Ilir. (din)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses