Langka, Harga Garam Naik 100%

Langka, Harga Garam Naik 100%
Posted by:

PALEMBANG – Kelangkaan garam yang ada di pulau Jawa saat ini mulai berimbas kepada pedagang garam di pasar tradisional di kota Palembang. Para pedagang pun kesulitan untuk mendapatkan garam dari agen karena stoknya yang kosong.

Hal ini juga dirasakan oleh salah satu pedagang sembako di pasar Lemabang, Eni yang kesulitan untuk mendapatkan garam. “Sekarang ini kami sangat sulit untuk mendapatkan garam,” kata Eni, Jumat (28/7).
Eni mengatakan pasca Lebaran dirinya kesulitan untuk mendapatkan garam dari berbagai agen yang ada di kota Palembang. “Pasca Lebaran sampai sekarang ini stok garam semua kosong,” ujarnya.

Menurut Eni, stok garam yang kosong dari agen membuat beberapa pedagang sembako seperti dirinya sulit untuk mendapatkan garam. “Dulu ada agen yang biasanya langganan yang mengantarkan garam ke sini tetapi sekarang ini sudah tidak ada lagi karena stok mereka semua kosong,” ungkapnya.

Untuk harga berbagai garam halus dan kasar yang biasanya dijual dengan harga Rp 12 ribu per pack yang berisi 10 kini harganya naik menjadi Rp 25 ribu per pack. “Ini akibat garam kosong dari Jawa jadi harganya naik berkali-kali lipat,” bebernya.

Harga garam yang sangat mahal, berpengaruh terhadap pembeli yang saat ini sepi. “Sekarang ini paling hanya terjual lima bungkus garam saja sedangkan kalau dulu bisa cepat habis,” bebernya.
Lebih jauh diungkapkan, saat ini dirinya membeli garam di kawasan pasar 16 Ilir. “Biasanya yang mengantar garam disini agen tetapi karena kosong jadi terpaksa saya membeli di pasar 16 Ilir dengan harga Rp 25 ribu per pack dan itu belum termasuk ongkos kirim Rp 2000 jadi total semua Rp 27 ribu per pack. Jadi saya menjual garam dengan harga Rp 30 ribu per pack,” jelasnya.

Eni menambahkan, dirinya bingung kenapa stok garam saat ini bisa langka, seharusnya kejadian seperti ini tidak harus terjadi. “Laut di Jawa luas dan besar seharusnya tidak langka seperti ini. Saya berharap semoga harga garam ini bisa cepat turun sehingga harga garam bisa terjangkau,” tukasnya. (str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses