Lolos ke Final

Lolos ke Final
Kurnia Meiga mengamankan gawangnya dari serangan pemain Vietnam pada semifinal Piala AFF 2016, Rabu (7/12).
Posted by:

##Vietnam (2) Indonesia (2)

Hanoi – Timnas Indonesia akhirnya dipastikan melaju ke babak final Piala AFF 2016. Hasil ini didapat berkat imbang 2-2 kontra Vietnam dalam leg 2 semifinal AFF 2016 di stadion My Dinh National, Hanoi, Vietnam, Rabu (07/12) malam.

Gol Indonesia sumbangan Stefano Lilipaly menit 54 dan Manahati Lestusen (p) menit 97. Sementara gol Vietnam dihasilkan Vu Vanh Tanh menit 83 dan Vu Minh Tuan menit 90+3.

Keberhasilan Indonesia menembus babak final pada gelaran AFF tahun ini jelas merupakan prestasi tersendiri. Bagaimana tidak, terakhir kali skuad Garuda ke final adalah pada piala AFF 2010 silam.

Lawan yang akan dihadapi di final nanti memang akan sangat berat, yaitu Thailand. Babak final akan dilangsungkan 14 dan 17 Desember 2016.
“Tim berusaha keras. Terpenting kita berhasil ke final,” kata pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl.

Sejak kick off babak pertama, Vietnam yang dituntut harus menang langsung menekan pertahanan Indonesia. Mengandalkan pemain senior Le Cong Vinh, Vietnam terus menggempur Indonesia. Agresifitas Vietnam ini beberapa kali merepotkan pertahanan Indonesia yang menduetkan Hansamu dan Fachruddin.

Praktis sepanjang babak pertama, Indonesia dikurung Vietnam. Indonesia hanya mengandalkan serangan balik, dan sangat kesulitan.

Memasuki babak kedua, Vietnam bermain semakin menyerang. Hal ini menjadi celah, Boaz Solossa mampu menusuk hingga ke jantung pertahanan Vietnam dan melepaskan umpan silang ke mulut gawang. Lini belakang Vietnam panik bola liar disambar Stefano Lilipaly untuk membuat Indonesia unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Vietnam mencoba sporadis menekan. Ketegangan kian terasa, puncaknya ketika kipper Vietnam Tran Nguyen Manh diusir wasit pada menit 77 lantaran dianggap protes keras.
Kekurangan pemain tidak mengendorkan semangat tuan rumah, buktinya mampu mencetak dua gol pada menit 83 lewat sepakan keras Vu Vanh Tanh pada menit 83 dan Vu Minh Tuan menit 90+3. Skor 2-1 untuk Vietnam saat pertandingan 90 menit dan memaksa perpanjang waktu karena agregat 3-3.

Saat perpanjangan waktu, Indonesia lebih tenang dan mencoba menguasai keadaan dengan keunggulan jumlah pemain.

Sebuah aksi Ferdinand Sinaga yang lolos dari jebakan offside ditekel kipper Vietnam pada menit 97 dan berujung penalti. Manahati Lestusen yang bertugas sebagai algojo dapat menunaikan tugasnya dengan sempurna. Skor imbang 2-2.

Saat sisa waktu, para pemain kedua tim tampak mulai kehabisan tenaga sehingga tidak ada gol tambahan tercipta. Indonesia akhirnya ke final AFF 2016 dengan keunggulan agregat 4-3 atas Vietnam. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses