Mahal, Pembeli Kerang ‘Kabur’

Mahal, Pembeli Kerang ‘Kabur’
Posted by:

PALEMBANG – Harga sejumlah komoditas perikanan laut saat ini sedang mengalami kenaikan. Seperti harga kerang, dimana harga sekarang sudah mencapai Rp 15.000 perkilogramnya. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yakni ombak yang besar dan cuaca, sehingga nelayan tidak banyak mendapatkan kerang tersebut.
Selaku pedagang kerang di pasar Kebon Semai, Narni mengatakan beberapa hewan laut segar saat ini cenderung mengalami kenaikan. “Hal ini seiring dengan tersendatnya pasokan. Diperkirakan jika cuaca seperti ini terus, tentu harga hewan laut terus naik. Tidak hanya di pasar disini saja yang mengeluhkan kenaikan tersebut, tapi juga dialami semua pasar tradisional,” katanya.
Untuk kerang saat ini sudah mencapai Rp 15.000 perkilogramnya, padahal harga kerang bisa mencapai Rp 5.000 sampai Rp 6.000 perkilogramnya. “Sebelumnya para pembeli rutin membeli kerang, namun semenjak harga naik sampai Rp. 15.000 per kilogram. Para pembeli pun ada yang kecewa,” jelasnya.
Penyebab hewan laut naik, karena pasokannya juga sedikit. Saat ini saja, untuk mendapat barang dagangan, terpaksa harus berebut dengan pedagang lain. Barang dagangannya didapat dari pasar pusat di Jakabaring. Kadang juga tidak mendapatkan kerang, pihaknya pun tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya. “Jika pasokan banyak, tentu saja permintaan bisa terpenuhi. Sekarang ini permintaan relatif sedikit, lantaran pasokan terbatas, harga pun bakal naik,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses