Mahasiswa Berperan Wujudkan UHC

Mahasiswa Berperan Wujudkan UHC
Posted by:

 

 

 

Palembang – Betempat di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang (09/09/18) dilakukan Sosialisasi Bersama Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Guna Merealisasikan Universal Health Coverage (UHC) Pada Tahun 2019 dengan tema “Peran Mahasiswa Kedokteran di Era Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat”.

Sekretaris Utama BPJS Kesehatan “Irfan Humaidi mengatakan, mahasiswa Kedokteran memiliki peranan yang sangat besar dalam menyukseskan UHC. Peran aktif dari mahasiwa yang diharapkan dalam mewujudkan Universal Health Coverage antara lain Melakukan kampanye kepada masyarakat agar memiliki jaminan kesehatan program JKN-KIS, sebagai perlindungan atas kesehatannya. Melakukan edukasi kepada masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

Contoh: Kampanye Anti Rokok, bekerja sama dengan BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi tentang program JKN-KIS.

“Aktif dalam organisasi di bidang kesehatan, menggalang dana untuk donasi masyarakat kurang mampu yang belumtercover program JKN-KIS, menyukseskan program Kader JKN-KIS,” tutur Irfan.

Lebih lanjut Irfan menyatakan, kolaborasi peran pemerintah pusat, Pemda dan masyarakat (CSR/program donasi/filantrofi/yayasan, dll) sangat penting, untuk memperluas cakupan program JKN-KIS.

Dimana Mahasiswa Fakultas Kedokteran adalah bagian dari masyarakat.  Peran Mahasiswa FK Saat ini & di masa depan.

“Saat ini mahasiswa sebagai Agen Promotor, artinya mahasiswa dapat menyebarluaskan mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional dan di masa depan sehubungan dengan Kebutuhan Fasilitas Kesehatan yang meningkat,” tukasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses