Majukan Kreativitas dan Kearifan Lokal

Majukan Kreativitas   dan Kearifan Lokal
Posted by:

*Gelar Kampung Wisata
Budaya Pelang Kenidai

PAGARALAM – Dusun Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah dikenal sebagai daerah yang kental dengan nuansa wisata budaya. Hal ini pula mendorong Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Pariwisata Kota Pagaralam, menggelar giat Kampung Wisata Budaya Pelang Kenidai, Kota Pagaralam Sumsel.
Di giat Kampung Wisata, kegiatan kebudayaan dan peninggalan sejarah, hal paling getol ditonjolkan. Bahkan tidak hanya aspek budaya dan sejarah, kerajinan hasta karya ukiran tangan dengan menggunakan media bambu menghasilkan karya seni tinggi seperti topeng, asbak, tongkat serta pernak-pernik suvenir, turut ditampilkan pada kesempatan ini.
Even kebudayaan bertajuk Kampung Wisata, dibuka langsung Pjs Walikota Pagaralam, Musni Wijaya SSos MSi, dengan pantauan mengunjungi salahsatu rumah warga, kemudian berkeliling Dusun Pelang Kenidai. “Kita sangat mendukung penuh giat Kampung Budaya Pelang Kenidai, sebagai bagian dari menjaga nilai-nilai kebudayaan agar senantiasa tetap terjaga secara baik.
Dinas Pariwisata dan Disdikbud dapat memberikan bimbingan serta lebih mempromosikan lagi kebudayaan di Dusun Pelang Kenidai, baik itu di tingkat daerah, provinsi maupun Nasional,” pesan Musni.
Sementara itu, Kadisdikbud Kota Pagaralam, Drs Marjohan Derah MPd mengakui pihaknya sangat merespon positif pesan disampaikan Pjs Walikota Pagaralam. “Maju terus kreativitas kearifan lokal. Kita siap mempromosikan nilai kebudayaan di Kota Pagaralam, sehingga kebudayaan asli khas Besemah terus dilestarikan, sampai dengan ke anak cucu,” serunya.
Terpisah, Febby salah seorang warga Dusun Pelang Kendai mengaku senang dan bangga diadakannya iven Kampung Wisata Pelang Kenidai, dengan harapan ke depan wisata di Kota Pagaralam dapat berdaya saing serta semakin berdampak positif di segala bidang. “Pagaralam Kota dengan potensi besar untuk wisata, mari kita mendukung penuh promosi pariwisata di Kota Pagaralam,” ungkapnya. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses