Mak Nyak Tinggal di Gubuk Reot

Mak Nyak Tinggal di Gubuk Reot
Posted by:

# Kedua Cucunya Menderita Sakit #
BANYUASIN – Kisah sedih yang dialami Mak Nyak (65), Warga RT 11/RW 03, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, tinggal bersama dua orang cucu yang sedang sakit dan anak perempuanya sudah menjanda, menempati gubuk reot nyaris ambruk.
Kondisi gubuk tempat mereka berlindung nyaris ambruk, atap seng yang sudah bolong dan dinding terbuat dari papan sudah lapuk. Untuk makan sehari – hari, keluarga Mak Nyak mengharap belasan dari tetangganya.
Asnah (40), Anak kandungnya mengatakan, meninggal suaminya setahun yang lalu, akibat sakit. Membuat keluarganya kehilangan tulang punggung untuk mencari nafkah dan kebutuhan anak sekolah.
“ Kami hidup disini sudah berapa tahun, sejak kepergian ayah anak – anak, tidak ada lagi tempat kami bergantung untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Alhamdulillah ada saja tetangga atau kerabat dari suami saya memberi bantuan kepada kedua anak saya,” Keluh dia.
Lebih lanjut kata Asnah, kedua anaknya menderita penyakit sejak masih kecil, sehingga pertumbuhanya tidak seperti anak – anak seusianya.
“Semestinya anak saya itu sudah duduk di bangku kelas 2 SMP, namun karena ada penyakit kelainan, daya ingatnya berkurang dan saat ini masih duduk di kelas 2 SD,” Sambung dia.
Kata Asnah, gubuk yang di tempatinya, peninggalan suaminya semasa hidup, kondisi bangunan yang sudah memperihatinkan dan tidak layak huni terpaksa dia tempati, karena ketiadaan dana untuk merehap rumah beratap seng itu.
“ Ya, beberapa bagian atap seng sudah hilang, kalau hujan terpaksa kami mencari tempat yang tidak bocor. Sedangkan dinding dan lantai rumah sudah tidak layak digunakan lagi, apa hendak dikata ketidak adaan biaya terpaksa bertahan di gubuk penigalan suaminya itu,”Kata Asnah Janda dua orang anak ini.
Sementara Darul Qutni, Anggota DPRD Dapil Talang Kelapa, menyangkan masih ada warga miskin belum mendapatkan bantuan bedah rumah dan bantuan lainya.
“ Kami akan segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Perkimtan untuk meninjau langsung kondisi keluarga Mak Nyak,” Tegas Politisi Partai Demokrat itu.
Beberapa program Bedah rumah dan bantuan untuk warga miskin dapat direalisasikan kepada keluarga Mak Nyak. “ Saya berharap Pemerintah Banyuasin harus pekah terhadap kasus seperti ini, yang mana mereka layak untuk mendapatkan bantuan tersebut,” Singkatnya. (her).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses