Marga Lumban Gaol Gelar Pesta Bona Taon

Marga Lumban Gaol Gelar Pesta Bona Taon
Posted by:

PALEMBANG- Masyarakat batak yang ada di tanah rantau khususnya Marga Lumban Gaol, kemarin menggelar Pesta Bona Taon atau Pesta Awal/Pangkal Tahun di Kota Palembang. Pesta Bona Taon yang digelar marga lumban gaol ini berlangsung dengan meriah di Gedung serba guna GKPI kenten depan sekolah Sma Kumbang Palembang, kemarin.
Ketua Panitia, Dale Manonson Lumbangaol selaku penyelenggara Pesta Bona Taon Marga Lumban Gaol mengatakan, Pesta Bona Taon adalah pesta awal tahun yang biasa digelar pada tiga bulan pertama setiap tahun yang baru oleh masyarakat batak yang ada di perantauan termasuk yang merantau di Luar Negeri berdasarkan keturunan (pomparan) Marga.
“Untuk Pesta Bona Taon yang digelar ini merupakan Pesta Bona Taon yang digelar masyarakat batak perantaun Marga Lumban Gaol,” katanya.
Dalam Pesta Bona Taon yang digelar pihaknya tersebut sekitar 500 jiwa masyarakat batak Marga Lumban Gaol bersama keluarga dan borunya yang berdomisili di Palembang hadir. “pesta bona taon ini merupakan tradisi kami selaku masyarakat batak yang ada di perantuan dengan tujuan untuk mempererat tali silatuhrahmi kami yang ada di perantaun,” ujar dale Manonson.
Dale Manonson mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin karena pihaknya yang minoritas di Provinsi Sumsel khususnya Kota Palembang masih terlindungi dan merasa aman serta nyaman dalam melaksanakan kegiatan, seperti pesta bona taon ini. “Ini semuanya kami rasakan tentunya karena bapak gubernur Kami H Alex Nordin mampu bekerja sama dengan semua pihak, baik kepolisan TNI dan tokoh Adat/Agama, sehingga Sumsel merupakan Daerah Yang berhasil secara nyata mewujudkan “Zero Konflik” dan kami apresiasi sekali kebijakan beliau sebab kami sangat merasakan sebagai warga batak yang merantau di Sumsel bebas merayakan kegiatan budaya pesta adat Batak di Sumsel ini,” ungkapnya.
Hal senada Ketua DPD Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) Sumsel, Jimmy David Lumban Gaol menyatakan, keluarga besar marga lumban gaol mendukung penuh “Program zero conflict dan Asian Games di Kota Palembang.
“Pak Gubernur Alex Noerdin telah sukses membangun Provinsi Sumsel menjadi kota destinasi pariwisata serta kota olahraga dunia yang mana akan menjadi triger bagi generasi penerus agar lebih berprestasi dibidang pendidikan, olahraga maupun pariwisata dan budaya, dimana telah dibangun Perguruan Tinggi Pariwisata, Olahraga dan venue-venue bertaraf internasional,” katanya singkat. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses