Masih Banyak Tak Berikan CSR

Masih Banyak Tak Berikan CSR
Posted by:

*Perusahaan yang Beroperasi di 4L

EMPAT LAWANG – Pemberlakuan kewajiban pemberian dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) belum sepenuhnya diterapkan perusahaan yang beroperasi di Empat Lawang (4L).
Pasalnya, ada sejumlah perusahaan yang notabenenya bergerak di bidang perkebunan sejak terbentuknya Kabupaten Empat Lawang belum memberikan kontribusi untuk daerah Empat Lawang melalui CSR.
Kasi Amdal Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Empat Lawang, Jalin Elsapriske pada rapat forum CSR Kabupaten Empat Lawang, Selasa (10/4/18) menyampaikan perusahaan-perusahaan yang ada di Empat Lawang sudah cukup banyak. Namun, perusahaan yang notabenenya bergerak di bidang perkebunan, batubara dan minyak masih banyak yang belum memberikan CSR.
Bahkan Ada perusahaan yang sudah bertahun-tahun, tapi tidak ada kontribusi bagi Empat Lawang. “Ada perusahaan sawit yang sudah eksis, seperti Ekajaya, SMS jangankan memberikan kontribusi, kantornya saja tidak ada di Empat Lawang. Yang kita ketahui, PT SMS sudah 10 tahun lebih sejak dimekarkan, padahal lahan perusahaan seluasa 1500 ha di Empat Lawang,” ungkapnya.
Ditambahkannya, sesuai dengan peraturannya, merujuk dengan ketentuan pasal 74 UU Nomor 40/ 2007 tentang perseroan terbatas, perusahaan khususnya yang bersentuhan dengan sumber daya alam wajib memberikan 2,5-3 persen dari keuntungannya untuk CSR.
“Nah, Pemkab Empat Lawang mesti memanggil perusahaan-perusahaan yang tidak berkontribusi dengan daerah ini. Karena, sudah jelas dalam aturannya, bahwasannya perusahaan mempunyai kewajiban untuk sosial,” tegasnya.
Menyikapi hal tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Empat Lawang, Yulius Sugantara usai rapat forum CSR tersebut kepada sejumlah awak media mengatakan, ada beberapa perusahaan yang sudah berkontribusi dengan daerah, sedikitnya ada tujuh perusahaan yang sudah aktif. Di sisi lain ada juga beberapa perusahaan yang belum aktif.
Disinggung mengenai sanksi kepada perusahaan yang tidak memberikan CSR ini, apalagi sampai puluhan tahun belum berkontribusi dengan daerah, Yulius menegaskan, jika sudah jelas dalam aturannya bagi perusahaan yang tidak memberlakukan CSR. Namun, sejauh ini pemerintah belum memberikan sanksi, karena pemerintah masih akan mengkoordinir dan mempelajari ataupun menelusuri izin perusahaan tersebut. (cw09)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses