Masih Kurang, Pemkab OKUS Kembali Ajukan Penambahan Pupuk

Masih Kurang, Pemkab OKUS Kembali Ajukan Penambahan Pupuk
Ir Asep Sudarno MEp, Kepala Dinas Pertanian OKUS
Posted by:

MUARADUA – Untuk mengantisipasi kekurangan pupuk bagi petani hingga di penghujung tahun ini, Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan (OKUS) kembali mengajukan tambahan kebutuhan pupuk subsidi ke Dinas Pertanian Provinsi.Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan Ir Asep Sudarno MEp. Menurutnya untuk serapan pupuk subsidi jenis NPK Phonska memang cukup tinggi saat usim tanam yang tengah berlangsung saat ini, terutama pada jenis tanaman jagung.

Kendati alokasi pupuk NPK Phonska produk Petro Kima Gersik untuk OKUS lebih dari 10 ribu ton untuk tahun 2017 ini, namun sambungnya akibat serapan pupuk jenis NPK ini cukup tinggi maka di bulan Juli saja alokasi yang diberikan 9300 ton tersebut tidak memenuhi kebutuhan tanam petani.“Meskipun sudah dua kali dilakukan penambahan (realokasi) mulai dari 500 ton dan 300 ton pada bulan Juli Agutus lalu, tetap saja kebutuhan petani saat ini masih kurang. Untuk itu kita kembali mengajukan usulan penambahan ke Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan sehubungan dengan memasuki musim tanam ini,”kata Asep.

Pengajuan penambahan NPK Phonska sendiri lanjut Asep, sudah disampaikan ke Dinas Pertanian Provinsi Sumsel sebanyak 500 ton. “Mudah-mudahan jumlah alokasi yang diajukan bisa disetujui. Petani pun tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan pupuk subsidi di sejumlah pengecer resmi,”kata Asep.Hanya saja terkait usulan ini kata Asep, masih ada hambatannya karena pihaknya hingga masih menunggu laporan data serapan alokasi pupuk bulan Agustus dan Seftember dari UPTD dan Distributor. Data itu penting untuk verifikasi dan validasi mengingat sebagai dasar untuk dialukannya realokasi.“Dari situ serapan alokasi yang sudah terdistribusi maupun belum akan diketahui, jika memang terjadi kekurangan dari situlah acuan Provinsi bisa merealokasi kekurangan pupuk yang terjadi dibeberapa wilayah,”ujar Asep. (res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses