MDP Terapkan Basis E-Learning

MDP Terapkan Basis E-Learning
Posted by:

 

 

PALEMBANG –

Management Development Program (MDP) Palembang, terus mengembangkan pembelajaran berbasis online untuk menjawab tantang zaman. Tujuannya agar proses belajar lebih efisien dan lebih menarik, serta mahasiswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan.

Pembantu Ketua Bidang Akademik STIMIK MDP Palembang, Desi Iba Ricoidah menjelaskan, bahwa sudah banyak lembaga pendidikan yang memanfaatkan website sebagai media pembelajaran online atau basis E-learning. Salah satunya kampus MDP Palembang. “Belajar secara online tentu lebih mudah, bisa juga dilakukan dengan video conference. Jadi pengajar dan mahasiswa tetap bisa tatap muka meskipun dengan lokasi yang jauh,” ungkapnya.

Dikatakannya, saat ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) RI tengah mensosialisasikan penggunaan teknologi dalam proses belajar jarak jauh. “Pemerintah khususnya Ristekdikti telah mensosialisasikan pembelajaran berbasis E-Learning yang disebut dengan Pendidikan Jarak Jauh(PJJ) atau juga sering disebut kuliah daring(Dalam Jaringan). Tapi dalam implementasinya masih terkendala dengan kondisi daerah tertentu terkait infrastruktur yang tidak didukung pemerintah setempat,” tambahnya.

Meskipun demikian, dirinya menganggap belajar menggunakan sistem e-learning dalam proses akademik memiliki kekurangan karena mahasiswa cenderung tidak bisa dimonitor perkembangannya. “Tetapi dikhawatirkan terjadinya kurang interaksi antara dosen dan mahasiswa. Sehingga yang lebih baik adalah menerapkan konsep blended learning yaitu ada proses pembelajaran campuran antara online dan offline (tatap muka),” jelasnya.(Str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses