Meksiko Jadi Juara Grup C [Kolombia Menang 3-0]

Meksiko Jadi Juara Grup C [Kolombia Menang 3-0]
Selebrasi pemain Meksiko ketika Jesus Manuel Corona menyamakan skor menit ke-80.
Posted by:

HOUSTON – Meksiko mengakhiri babak penyisihan grup Copa America Centenario sebagai juara Grup C. El Tri merebut predikat tersebut setelah bermain imbang 1-1 dengan Venezuela.

Sebelum bertanding, Meksiko dan Venezuela telah dipastikan lolos ke perempatfinal. Pertandingan antara kedua tim di NRG Stadium, Houston, Selasa (14/6) pagi WIB, pun hanya menjadi perebutan posisi juara grup.

Venezuela memimpin 1-0 berkat gol Jose Manuel Velazquez pada menit kesepuluh. Berawal dari situasi tendangan bebas, bola disundul Christian Robert Santos dan Velazquez menuntaskannya dengan sebuah tendangan gunting yang tak bisa diantisipasi oleh kiper Jose Corona.

Meksiko tampil dominan dengan penguasaan bola hingga 67%. Namun, sejumlah peluang emas yang mereka dapat digagalkan oleh penjaga gawang Venezuela, Daniel Hernandez, yang tampil oke di bawah mistar.

Ketangguhan Hernandez terlihat pada menit ke-74 ketika dia membuat penyelamatan ganda. Setelah menepis bola hasil sundulan Diego Reyes, Hernandez berada di posisi yang tepat untuk mementahkan tembakan Hector Moreno.

Namun, gawang Venezuela pada akhirnya bobol juga. Pada menit ke-80, Meksiko menyamakan skor melalui gol Jesus Manuel Corona. Corona melakukan aksi individu di sepertiga akhir lapangan dan melewati adangan lima pemain lawan sebelum mencetak gol lewat tembakan kaki kanannya.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga laga usai. Kedua tim pun berbagi satu angka. Dengan hasil tersebut, Meksiko memuncaki klasemen Grup C dengan poin tujuh dari tiga laga. Venezuela harus puas menjadi runner-up grup meski punya jumlah poin sama karena mereka kalah selisih gol.

Di babak perempatfinal, Meksiko akan menghadapi Chile atau Panama. Sementara Venezuela kemungkinan besar akan bertemu Argentina.

Pada laga lain Grup C, Uruguay, yang sudah dipastikan tersingkir, tak pulang dengan tangan hampa. Mereka menutup langkah dengan menang 3-0 atas Jamaika. Uruguay dan Jamaika sama-sama sudah dipastikan tersingkir sebelum menjalani laga terakhir Grup C di Levi’s Stadium, Selasa (14/6) siang WIB. Keduanya sebelumnya sudah menelan kekalahan dari Meksiko dan Venezuela, yang lolos ke perempatfinal.

Di laga yang sudah tak berarti ini, Uruguay tampil trengginas dengan melepaskan 16 tembakan di mana tujuh menemui sasaran. Sementara Jamaika punya sembilan upaya dengan dua yang mengarah ke gawang.

Abel Hernandez membawa Uruguay unggul di menit ke-21. Umpan terobosan Nicolas Lodeiro dituntaskannya dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Lodeiro kembali menjadi kreator gol kedua Uruguay di menit ke-66. Umpan silangnya dari kiri sempat disentuh Hernandez, lantas membentur bek Jamaika Je-Vaughn Watson dan masuk ke gawang sendiri.

Di penghujung laga, tepatnya di menit ke-88, Uruguay mencetak gol ketiga. Memanfaatkan kesalahan bek Jamaika mengantisipasi bola lambung di tengah, Matias Corujo merebut penguasaan dan menaklukkan kiper Andre Blake dalam situasi satu lawan satu.

Kemenangan ini menjadi hasil hiburan untuk skuat Oscar Tabarez. Mereka finis ketiga dengan nilai tiga, sementara Jamaika tak mendapatkan poin. (har/dbs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses