Memperkaya Bahasa dengan Kosa kata Daerah

Memperkaya Bahasa dengan Kosa kata Daerah
Posted by:

PALEMBANG –
Balai Bahasa Sumatera Selatan terus mengumpulkan kosa kata daerah. Hingga saat ini sudah ada 1000 kosa kata daerah yang diusulkan kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Hal ini diungkapkan dalam Diseminasi Program Pengayaan Kosa kata Bahasa Indonesia, yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Perlindungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bekerjasama dengan Balai Bahasa Sumatera Selatan, di Ballroom Hotel Emilia Palembang, Kamis (30/8/18).
Peneliti Muda Balai Bahasa Provinsi Sumsel, Muhammad Irsan S.s.,M.Hum menjelaskan, upaya pengumpulan kosa kata daerah dilakukan untuk memperkaya Bahasa Indonesia. “Saat ini kita sudah mengumpulkan sekitar 1000 kosa kata daerah. Namun baru ada 44 kosa kata yang masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,” katanya.
Untuk itulah, pihaknya menggelar kegiatan Diseminasi Program Pengayaan Kosa kata Bahasa Indonesia dengan maksud mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan kosa kata Bahasa Indonesia. “Dalam kegiatan ini juga kami mensosialisasikan aplikasi KBBI daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Lewat aplikasi ini, masyarakat bisa langsung mengusulkan kosa kata baru,” sambungnya.
Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan dan Perlindungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dr. Hurip Danu Ismadi mengaku, pengembangan kosa kata terus dilakukan agar Bahasa Indonesia bisa dijadikan bahasa Internasional. “Kami juga akan mengembangkan kamus bahasa lain seperti Kamus Vokasi yang akan selesai pada Bulan Oktober ini serta kamus braille yang dikhususkan untuk orang tuna netra yang bekerjasama dengan Kementerian Sosial,” tutupnya.(Str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses