Memulung Sekaligus Mencuri

Memulung Sekaligus Mencuri
Tersangka Epan Noferian saat digiring petugas Polsek Ilir Barat menuju sel tahanan, Kamis (24/11) / Foto: Agus Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Sambil menyelam minum air. Itulah pepatah yang tepat disematkan kepada Epan Noferian (26), warga Jalan Kadir TKR, Lorong Briang II, Kecamatan Gandus. Pasalnya, pekerjaan sebagai pemulung berkeliling kota Palembang, dimanfaatkan dirinya untuk mencuri.

Hanya saja, saat hendak mencuri di sebuah rumah bedeng yang tengah ditinggal kosong di Jalan Natuna RT 01 RW 1, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, pada Kamis (24/11) sekitar pukul 13.00, aksinya berhasil dipergoki warga.

Tak ayal, bapak satu orang anak yang pernah mendekam di sel tahanan karena kasus serupa tahun 2011 itu pun langsung ditangkap dan menjadi bulan-bulanan warga sebelum akhirnya diamankan Mapolsek Ilir Barat (IB) I.

Dihadapan petugas, pelaku Epan mengaku sebelum kejadian tersebut terjadi, awalnya ia sedang berkerja sebagai pemulung dengan berjalan berkeliling dari rumahnya. “Pas melintas di TKP itu, saya melihat bedeng itu sedang sepi dan karena itu saya pun langsung melanjutnya. Tapi saat itu saya diperkogi warga hingga akhirnya diamankan,” ujar dia.

Dikatakan Epan, dirinya nekad melakukan aksi tersebut lantaran terdesak akan kebutuhan ekonomi untuk menafkahi seorang istri dan anaknya yang masih berusia tiga tahun. “Saya juga harus bayar sewa kontrakan sebulan Rp 400 ribu dan hasil mememulung kadang tidak cukup hanya cukup untuk makan karena itulah saya nekat sambil mencuri,” kata dia.

Sementara itu, Kapolsek IB I, AKP Handoko Sanjaya menjelaskan, tersangka berhasil diamankan setelah terpergok hendak mencuri. “Dari tersangka kita amankan barang bukti berupa obeng yang akan digunakan untuk membongkar dan dari hasil pemeriksaan, obeng tersebut sudah sengaja dibawanya dari rumah,” ujarnya singkat. (cw02)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses