Mencuri Karena Kecanduan Miras

Mencuri  Karena Kecanduan Miras
Pelaku Okta Budaya saat diamankan di Mapolsek Ilir Timur I, Selasa (27/9). Foto Agus Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Akibat kecanduan minuman keras (Miras), membuat Okta Budaya alias Blok (18), warga Jalan Veteran, Lorong Lengas, RT 20 RW 5, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II, nekat melakukan tindak pidana pencurian ponsel tetangganya sendiri.

Tapi, belum sempat menjual barang bukti ponsel hasil curiannya tersebut. Blok ditangkap Unit Reskrim Polsek Ilir Timur (IT) I, tak jauh dari sebuah konter di kawasan IT II, Sabtu (24/9) sekitar pukul 20.00 WIB.

Dihadapan polisi, tersangka mengaku kejadian tersebut terjadi Jumat (23/9) sekitar pukul 03.00 WIB, berawal saat ia melintas di depan rumah korban, Ika yang tidak lain adalah tetangganya.“Pas lewat itu saya melihat pintu rumahnya tidak terkunci dan masih sedikit terbuka,” kata tersangka saat diamankan di Mapolsek IT I, Selasa (27/9).

Melihat hal tersebut, ia pun akhirnya nekat masuk ke dalam rumah korban yang diketahui juga merupakan seorang janda dan kemudian mengambil dua ponsel masing-masing merek Aple 5S dan Samsung. “Ponsel itu ada di bawah meja tv sedangkan, korban tidur di kamarnya,” ujar dia.

Usai kejadian tersebut, dirinya pun kemudian langsung pulang untuk menyimpan ponsel tersebut. Dan rencananya, ponsel itu akan dijualnya untuk membayar utang-utangnya sebesar Rp 300 ribu kepada temannya setelah meminjam uang untuk membeli minuman keras.

“Saya sering beli minuman keras jenis Vodka dan hampir setiap hari, biasanya saya beli di Pahlawan. Saya minum itu hanya untuk ‘ngelemaki’ badan,” ungkapnya.

Kapolsek IT I, AKP Rivanda melalui Kanit Reskrim, Ipda Alkap mengatakan, tersangka Okta diamankan sesaat ketika akan menjual ponsel barng bukti di sebauh konter tak jauh dari tempatnya berkerja sebagai juru parkir.

“Jadi kita dapat informasi ada orang mau menjual ponsel, setelah itu kita langsung mendatangi dan menangkapnya. Akibatnya, tersangka akan kita kenakan Pasal 363 KUHP,” jelasnya. (cw02)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses