Mengenal Jamiatul Washliyah Palembang

Mengenal Jamiatul Washliyah Palembang
Posted by:

Palembang-Tokoh Agama yang juga aktif dalam gerakan pendidikan dan kebudayaan di Sumatera, Husni Thamrin akhirnya resmi pimpin Jamiatul Washliyah Palembang setelah dilantik, Sabtu (5/8/2017) oleh pimpinan wilayah Dr. Ir. H. Amran arifin, MM, MBA. Pimpinan Yayasan Malaya yang memiliki keahlian dalam dunia psikologi dan juga menyandang gelar master hukum dan studi doktoral di bidang kebudayaan ini, kerap menghidupkan kegiatan melayu-sriwijaya yang bernapaskan Islam.
Diantaranya adalah sambut tuah bulan Ramadhan, pesantren melayu dan menjadi inisiator terbentuknya Multiversitas di kawasan budaya di Indonesia. Serta kepedulian dalam membantu persoalan sosial di masyarakat. Program Husni ini kemudian mendapat apresiasi dari Pemerintah, diantaranya adalah dari Ibu Megawati SP pada peringatan Hari Aksara, Wapres Jusuf Kalla dalam program anak korban asap (karhutla), Menkomar Jend. (purn) Luhut Panjaitan dalam program saat menjadi menkopolhukam, kerjasama peringatan ‘hari bumi’ bersama sesmen kemenpar, Ukus Kuswara, dan lainnya.
Sebagai informasi, Al Washliyah merupakan Organisasi Masyarakat Islam (Ormas Islam) yang berdiri 30 November 1930 di Kota Medan Sumatera Utara. Pertama sekali ormas Islam yang berdiri di Pulau Sumatera dan didirikan oleh para pendirinya yang bersuku bangsa Melayu. Ormas Islam ini memiliki 1036 lembaga pendidikan, 14 Panti Yatim Piatu dan 9 universitas di seluruh Indonesia. Jamiatul Washliyah adalah organisasi masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan agama, dakwah, amal sosial dan amar makruf. Al jamiatul washliyah memiliki visi di bidang aqidah yaitu terbentengnya aqidah umat islam di indonesia khususnya kota palembang dari hal2 yang mengganggu dan merusak aqidah ahlusuna waljamah. Bidang syariah yaitu terbangun dan terjaganya aklaqul karimah khususnya warga alwasliyah kota Palembang Namun ada visi khusus aljami’atul washliyah yaitu lebih menanamkan manajemen moderen pada warga alwasliyah di bidang pendidikan, dakwah, amal sosial dan amar makruf nahi munkar.
Lebih jelasnya Husni Thamrin mengatakan berdirinya aljamiatul washliyah bertujuan mengajak seluruh warga untuk lebih menjaga aqidah dan akhlaq mulai dari anak kecil pada tingkat sekolah yang paling bawah sampai dengan dewasa. “Menjaga silaturahim untuk semua golongan dan lapisan masyarakat karena pengaruh dari sosial media dan pergaulan bebas yang merusak diri sendiri. Membangun dakwah melalui lembaga pendidikan berlandaskan agama Islam,” bebernya.
Ditambahkannya, pihaknya akan melakukan kegiatan amal sosial dengan memberi santunan kepada anak yatim piatu di panti asuhan. “Tak lupa juga mengajak masyarakat dan pemerintah lebih banyak menghidupkan majelis-majelis pengajian di masjid-masjid di kota Palembang,” tandasnya. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses