Menghadapi Tantangan Globalisasi Teknologi dan Informasi

Menghadapi Tantangan Globalisasi Teknologi dan Informasi
suasana pengarahan sosialisasi MGMP PKN di aula UIGM Palembang bersama anggota DPD RI Hj Asmawati. Foto Rangga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Asmawati, bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel terus mengimbau agar teknologi dimanfaatkan sebaik mungkin. Pasalnya banyak sekali informasi yang kurang positif di kalangan remaja khususnya sekolah.

Usai melakukan sosialisasi kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan kewarganegaraan tingkat SMA kota Palembang, Anggota DPD RI Asmawati mengatakan dirinya akan terus mengingatkan terkait pentingnya keberadaan empat pilar bangsa sebagai modal awal, mencegah bangsa muda terjerumus dalam informasi hoax (berita bohong).

“Apalagi sekarang maraknya media sosial yang sudah banyak diakses melalui teknologi, tentu kita tidak boleh melupakan pentingnya empat pilar bangsa yang harus diingatkan dan ditanamkan dalam generasi bangsa saat ini, seperti Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Empat pilar tersebut harus ditanamkan kepada siswa agar terhindari sari serangan dunia luar di zaman kemajuan teknologi saat ini. “Kemajuan teknologi tidak bias kita bending lagi, tinggal kita memberikan benteng kepada generasi muda agar tidak terpengaruh dampak negatifnya seperti informasi hoax,” jelasnya.

Sementara itu, selaku moderator Dekan Ilmu Pemerintahan dan Budaya (FIPB) UIGM Palembang, Isabella mendampingi Kasi Kurikulum SMA Disdik Sumsel Arwan mengatakan kemajuan zaman saat ini sangat berpengaruh dan menimbulkan kecemasan karena memiliki pengaruh yang negatif. Baik dalam bentuk video, games, doktrin kata melalui teknologi gadget dan lain sebagainya. “Jadi pembinaan dan penanaman empat pilar bangsa juga sangat diperlukan bagi remaja masjid agar terhindar dari berbagai informasi negatif maupun berita hoax,” katanya.

Dirinya berharap para MGMP khususnya pelajaran PKN, dapat mengajarkan siswanya bahwa perjalanan mereka masih sangat panjang. Tentu dengan perkembangan saat ini pun, bisa mempengaruhi pemikiran mereka. “Kita berterima kasih kepada Ibu Asmawati yang rela berbagai pengetahuan, maupun pembelajaran yang bermanfaat saat ini. Mudah-mudah generasi pendidikan tidak melupakan peninggalan nilai-nilai kebangsaan para leluhur,” pungkasnya. (Roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses