Mercedes Nyesal Beri Team Order

Mercedes Nyesal Beri Team Order
Posted by:


Hamilton Melawan

Lewis Hamilton menuai kontroversi setelah mengabaikan team order dari Mercedes di seri terakhir 2016. Kini Mercedes justru menyesali langkah tersebut.

Insiden tersebut terjadi GP Abu Dhabi, bulan lalu di mana Hamilton bertarung dengan rekan setimnya Nico Rosberg untuk berebut titel juara dunia. Dengan situasi tertinggal 12 poin dari Rosberg, Hamilton harus memenangi balapan dan si rival mesti finis di luar tiga besar supaya Hamilton bisa mempertahankan gelar juara.

Menjelang putaran-putaran terakhir, Hamilton yang memimpin di depan, memelankan laju mobilnya dengan harapan Ferrari dan Red Bull yang berada di belakang ikut dalam pertarungan dengan Rosberg. Mercedes lantas melakukan team order beberapa kali yang tidak digubris Hamilton.

Akhirnya, Hamilton memang keluar sebagai juara di Sirkuit Yas Marina, tapi gagal meraih gelar juara dunia keempatnya karena gelar tersebut akhirnya jatuh ke tangan Rosberg usai finis runner-up. Selepas lomba, pebalap Inggris itu menyatakan kekecewaannya dengan intervensi Mercedes.

Sementara Mercedes sempat dibuat murka dengan ulah juara dunia tiga kali tersebut. Meskipun dipastikan tidak akan menjatuhkan sanksi kepada Hamilton. ”Di dalam benak kami, pemikiran kami, balapan itu memberikan kami jumlah angka yang sama dengan balapan-balapan lain dan kami mencoba memenanginya, tanpa mempertimbangkan ada banyak pertaruhan untuk para pebalap,” ungkap bos Mercedes Toto Wolff kepada Sky Sports F1.

”Menjelang berakhirnya balapan, kami seharusnya berkomunikasi secara berbeda dan di belakang membiarkan mereka balapan dengan cara yang mereka anggap tepat,” lanjut Wolff.

Balapan itu juga menjadi yang terakhir bagi Rosberg. Pebalap Jerman ini memutuskan pensiun dari ajang balap F1 dan Mercedes pun kini sedang mencari penggantinya. (har/dbs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses