Meriahkan Pawai Ta’aruf dan Pentas dan Seni Islam

Meriahkan Pawai Ta’aruf  dan Pentas dan Seni Islam
Posted by:

 

 

 

BATURAJA – Menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) OKU menggelar kegiatan Pawai Ta’aruf dan pentas seni Islam, Selasa (11/9/18).

Kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam ini dimulai sejak pukul 06.00 Wib yang diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari Majelis Taklim, TK/TPA, pelajar dan masyarakat umum se Kabupaten OKU, dengan start di depan pendopo rumah kabupaten dan Finish di Taman Kota Baturaja.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemukulan Hadroh (gendang rebana) oleh Bupati OKU, H Kuryana Aziz yang disaksikan oleh Kapolres AKBP NK Widayana Sulandari, Dandim 0403 OKU Letkol Arm Agung Widodo, Sekda OKU, H Achmad Tarmizi, serta tamu undangan lainnya.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka syiar Islam dan untuk memeriahkan tahun baru Islam 1440 H,” Kata Ketua Palaksana Kegiatan yabg juga merupakan Ketua BKPRMI OKU, Rahmat Subeki, saat menyampaikan laporannya.

Dikatakan Rahmad, Pawai Ta’aruf dan pentas seni Islam ini merupakan puncak kemeriahan peringatan tahun baru Islam. Sebelumnya untuk menyemarakan tahun baru Islam ini, BKPRMI OKU juga telah menggelar kegiatan perlombaan gebyar 1 muharam yang telah dimulai sejak satu bulan yang lalu di setiap kecamatan di OKU.

“Gebyar 1 muharam yang digelar di setiap tingkat kecamatan merupakan yang pertama kali dilaksanakan, sedangkan untuk pawai ta’aruf sudah dilaksanakan sejak tahun 2010. Gebyar 1 muharam ini sengaja kita laksanakan dari tingkat kecamatan agar peringatan tahun baru Islam betul-betul terasa hingga ke pelosok daerah di OKU,” tuturnya.

Kegiatan ini lanjut Rahmad, dikuti oleh Ribuan peserta dari seluruh Majelis Taklim, TK/TPA, pelajar dan masyarajat umum di OKU. “Dari kupon yang kita bagikan berjumlah 11 ribu kupon itupun masih ada peserta yang tidak kebagian,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati OKU, H Kuryana Aziz sangat mengapresiasi kegiatan yang telah digekar oleh BKPRMI OKU ini. Kegiatan ini menurutnya merupakan hal yang positif untuk mensyiarkan Islam.

Dikatakan Kuryana, peringatan Tahun Baru Islam ini tidak ada bedanya dengan peringatan tahun baru masehi. Namun peringatan tahun baru Islam ini kadang terlupakan oleh masyarakat, padahal seyogyanya sebagai umat muslim kegiatan ini sangat baik untuk membesarkan dan mensyiarkan Islam.

“Harusnya peringatan tahun baru masehi dan Tahun baru Islam jangan dibedakan, saya sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ini,” ujarnya.

Kepada para peserta, Kuryana juga berpesan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan aman. “Mari kita ikuti kegiatan ini dengan aman dan tertib, apa lagi ini dijalan raya tolong tetap jaga keselamatan dan kemanan,” pesannya. (len)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses