Messi Jawab Keraguan

Messi Jawab Keraguan
Posted by:

Man. City 0 Barca 2

Manchester – Barcelona menuai kemenangan meyakinkan saat dijamu Manchester City di laga leg I babak 16 Liga Champions. El Barca –julukan Barcelona– menang 2-0 saat berhadapan dengan The Citizens –julukan City– yang bermain dengan 10 orang sejak menit 53, pada laga di Etihad Stadium, kemarin (Rabu, 19/2) dinihari WIB.
Laga big match tersebut sejatinya memenuhi ekpektasi penggemar bola dunia. Meski tamu mendominasi permainan, namun tetap berlangsung ketat, seru, dan mendebarkan. Hanya ’serunya’ pertarungan menjadi rusak di menit ke-53 ketika Martin Demichelis dikartumerah akibat melakukan tekel dari belakang pada Lionel Messi.
Tak hanya kartu merah, takel tersebut juga berbuah penalti yang diselesaikan dengan sempurna oleh Messi. Pemain City sempat protes karena pelanggaran dinilai terjadi di luar penalti. Tapi wasit tak bergeming. Barca menambau gol di menit-menit akhir lewat Dani Alves yang mencocor bola melalui sela-sela kaki Joe Hart.
Skor akhir 2-0 untuk tamu memutarbalikkan prediksi para pengamat. Sebab banyak yang memperkirakan pertandingan berlangsung ketat dengan skor akhir imbang. Kalau pun ada yang menang skornya tidak lebih dari satu gol.
Bahkan tuan rumah yang sedikit lebih diunggulkan, memulai laga dengan baik. Meski Messi dan kawan-kawan mengendalikan bola di menit-menit awal, justru Kompany dkk yang mendapat peluang pertama di menit ke-18. David Silva menguasai bola di daerah pertahanan Barca, mengirim umpan untuk Alvaro Negredo yang melakukan pergerakan dari tengah lapangan. Sayangnya, ruang tembak Negredo segera ditutup Mascgerano sehingga bola melebar.
City kembali memberikan ancaman enam menit kemudian. Berawal dari sepakan bebas Silva, terjadi kemelut di muka gawang City. Beruntung, bola melambung tinggi di depan gawang setelah membentur Pique. Dan Valdes masih sigap melompat tinggi melewati kepala Negredo untuk mengamankan bola.
Barca yang lebih mendominasi ball possession, baru mendapatkan peluang bagus di menit ke-28 melalui Dani Alves. Sayangnya tendangan kerasnya dari jarak jauh yang mengarah ke pojok kanan gawang masih bisa ditangkap dengan sempurna Hart. Namun sampai akhir babak pertama tak terjadi gol.
Memasuki babak kedua, Barcelona masih tetap mendominasi. Kehadiran Xavi Hernandez yang semula diragukan tampil, tampaknya menjadikan tuan rumah ’salah’ menerapkan strategi. Kolaborasinya dengan Iniesta, Fabregas dan Messi membiat lini tengah City tampak keropos. Sehingga Messi, Iniesta, Sanchez, beberapa kali masuk ke kotak penalti.
Puncaknya di menit ke-53. Messi berhasil mendekai kotak penalti dengan bola. Demichelis yang bertanggungjawab tampaknya grogi dan terlambat mengantisipasi sehingga melakukan tekel dari belakang tepat di garis 16. Akibatnya, kartu merah, penalti dan gol. 0-1!
Melawan 10 pemain, Barca makin dominan. Tapi dalam posisi unggul, Xavi dkk justru lebih santai di lapangan. Justru tuan rumah yang lebih ngotot tapi selalu kesulitan. Hingga Alves yang dini hari kemarin tampil bagus, mampu menambah gol dimenit terakhir waktu normal sehingga skor akhir jadi 0-2.
Kekalahan tersebut membuat kapten City Vincent Kompany berang dan menuding wasit sebagai biang keladi kekalahan. Kompany menuding wasit terlalu mudah mengeluarkan kartu merah. ”Terlalu mudah terjadi pelanggaran. Di Premier League, pelanggaran-pelanggaran itu tak akan diberikan,” kata Kompany di ITV.
Sementara kubu Barca tetap hati-hati. Alves mengingatkan rekan-rekannya untuk tetap waspada karena masih ada 90 menit lagi. ”Kami tahu pertandingan itu akan berjalan berat. Mereka lawan yang tangguh dan tidak terbiasa menjadi nomor dua. Kami tahu apapun yang terjadi di sini masih akan ada 90 menit lagi yang harus dilalui, dan segalanya bisa saja terjadi,” ingat Alves di Football Espana. (har/dbs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses