Minta Kontraktor Segera Perbaiki

Minta Kontraktor Segera Perbaiki
Posted by:

Box Culvert Tertutup Tiang LRT

PALEMBANG- Genangan air yang saat ini kerap terjadi seperti di Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Kolonel Barlian dan Jalan Sudirman, salah satunya dipicu adanya beberapa box culvert yang tertutup pilar light rail transit (LRT). Untuk itu,  pemerintah kota (Pemkot) Palembang meminta kepada kontraktor agar segera diperbaiki.
 
Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Palembang, Ir Saiful mengatakan, jika ada sekitar 31 box culvert yang terkena tiang LRT. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Waskkta Karya sebagai kontraktor pembangunan kereta cepat ini.

“Kita sudah mengajak rapat dan duduk bersama. Alhamdulillah, pihak Waskita ingin bertanggungjawab untuk memperbaikinya,” ujarnya Senin (9/1).

Saiful mengatakan, 31 titik ini berada di sepanjang pembangunan LRT seperti di Jalan Kolonel H Burlian, Jalan Sudirman, Kapten A Rivai,  Jakabaring dan Simpang Bandara. “Seluruh ruas median jalan ada,  jadi tersebar di pembangunan LRT di lima zona,” katanya. Selain oleh pihak kontraktor, untuk box culvert ini juga ada dananya dari pihak Provinsi dan ada juga dari Balai Besar Jalan Nasional. 

“Nanti 60 persen dari 31 titik pembangunan LRT akan diperbaiki oleh pihak Balai Besar.  Insya Allah tahun ini akan segera diperbaiki secara bertahap,” katanya.

Sementara Sekretaris Project Management Unit (PMU) Percepatan Pembangunan LRT Palembang, Wahidin menjelaskan, adanya genangan air yang terjadi di kawasan Rumah Sakit (RS) Charitas itu bukanlah karena tertutupnya Box Culvert oleh tiang LRT. “Itu bukan karena tertutupnya Box Culvert oleh tiang LRT tapi karena terjadinya hujan yang cukup lebat sehingga tidak tertampung dan meluap. Memang pada saat melakukan pengeboran sudah dilakukan penghitungan berada dalamnya, namun ketika hujan turun dan lebat maka melebihi perhitungan yang ada,” jelasnya.

Lanjutnya, memang permasalahan ini sudah banyak yang mengeluh dan melapor ke pihaknya. “Ketika mendapatkan keluhan dan laporan ini kita langsung bergerak untuk menangani permasalahan tersebut. Namun karena memang gejala alam kita tidak dapat berbuat banyak. Contohnya di kawasan RS Charitas tadi sudah ditangani oleh mereka dan tidak ada lagi genangan air. Artinya kalau sudah dikerjakan maka akan dibagusi oleh mereka,” ujar Wahidin.

Wahidin mengungkapkan, pihaknya berharap kepada warga Kota Palembang untuk bersabar selama pembangunan LRT ini. “Untuk melakukan pembangunan ini perlu pengorbanan, nah jadi kita minta agar warga Kota Palembang bersabar,” ungkapnya. (ika/cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses