Mobil Toko Kian Marak

Mobil Toko Kian Marak
Posted by:

MERDEKA – Sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan selalu terjadi peningkatan jumlah pedagang kaki lima (PKL). Pasalnya, banyak pedagang musiman yang datang untuk meraup rejeki di bulan suci. Selain membuka lapak khusus, jajanan berbuka juga banyak dijual di pinggir jalan dengan menggunakan mobil terbuka. Sayangnya, akibat banyaknya pedagang ini menimbulkan kemacetan di Jalan POM IX.
Untuk itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang akan lebih intensif melakukan patroli. Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya titik-titik baru PKL.
“Kami juga akan melakukan penertiban untuk pedagang yang menggunakan mobil untuk berdagang. Kami harapkan untuk tidak berdagang di pinggir jalan, karena dapat menimbulkan kemacetan,” beber Kepala Satpol dan Linmas Kota Palembang, Tatang Dukadireja, kemarin.
Untuk PKL di pasar-pasar, lanjut dia, pihaknya juga akan melakukan penertiban dan disesuaikan dengan jadwal yang ada di peraturan daerah nomor 44. Selain itu, tambah Tatang, pihaknya mengharapkan agar pedagang makanan dan minuman untuk tidak terlalu demonstratif dalam berdagang.
“Harus mengenakan penutup tirai, harus tetap menghormati orang yang sedang berpuasa,” tegasnya. Sama seperti Ramadan sebelumnya, pihaknya menetapkan semua tempat hiburan tidak boleh buka selama Ramadan. Diantaranya, klub malam, bar, diskotik, café, panti pijat urut tradisional (PPUT) dan panti pijat umum moderen (PPUM).
“Kecuali, tempat hiburan yang satu paket dengan hotel diberi toleransi waktu operasional mulai pukul 21.00 WI sampai dengan 24.00 WIB, namun tidak diperkenankan menyiapkan wanita penghibur,” tegasnya.
Sementara untuk kegiatan refleksi yang mengutamakan unsur kesehatan dan pengobatan, lanjut dia, masih boleh beroperasional sepanjang tidak menggangu kenyamanan orang-orang menjalankan ibadahnya. Untuk anak jalanan, tambah dia, pihaknya juga akan melakukan penyisiran di setiap lampu merah ataupun masjid-masjid. Sehingga, tidak mengganggu kenyamanan dalam beribadah. “Satpol PP bekerjasama dengan TNI Polri dan instansi lainnya membentuk tim terpadu, untuk menekan jumlah anjal yang di bulan Ramadan,” tukasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses