Mundur Sebelum Berperang

Mundur Sebelum Berperang
Posted by:

 

* Jumlah Bacaleg Menyusut

 

PAGARALAM – ‘Peperangan’ belumlah dimulai. Namun sudah ada bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang mengundurkan diri. Jumlah Bacaleg yang akan masuk Daftar Calon Tetap (DCT) pun berkurang.

“Ada satu Bacaleg  yang mengundurkan diri, dari PBB. Suratnya sudah kami terima,” ucap Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Hukum dan Teknis, Hendri SE, ketika dihubungi kemarin.

Hendri memprediksi, akan ada lagi satu Bacaleg yang akan mengundurkan dari dari pencalonan. Disebutkannya Bacaleg yang akan mengundurkan diri ini berasal dari Partai Nasdem. “Partainya baru menelpon saja. Tapi belum melayangkan surat resmi,” ucap Hendri.

Hendri menyebut, Bacaleg yang mengundurkan diri tersebut tidak dapat diganti dengan orang lain. Ini sesuai dengan PKPU RI tentang pencalonan. Yang dapat diganti, dijelaskan Hendri, adalah Bacaleg perempuan. “Ini (pergantian) Bacaleg perempuan dapat dilakukan bila mempengaruhi kuota 30 persen,” lanjutnya. “Kalau tidak mempengaruhi, (Bacaleg perempuan) tidak perlu diganti,” katanya pula.

Sementara itu, Ketua DPC PBB Kota Pagaralam, Damsir Amd membenarkan adanya satu orang Bacalegnya yang mengundurkan diri. “Iya. Ada satu orang di Dapil Pagaralam III (Pagaralam Utara),” ucap Damsir, ketika dihubungi terpisah. Menurut Damsir, Bacaleg ini mengundurkan diri karena terikat dengan profesinya saat ini.

“Yang bersangkutan memilih tetap bekerja di tempatnya sekarang,” ucapnya. Karenanya Damsir mengaku partai tidak bisa melarang karena merupakan pilihan pribadi Bacaleg. Ia pun menjamin tidak ada lagi Bacaleg dar PBB yang mengundurkan diri.

Terpisah, Ketua Bapilu Partai Nasdem Kota Pagaralam, Suranto juga membenarkan perihal rencana pengunduran diri salahseorang Bacaleg dari partainya. Disebutkan Suranto, Bacaleg yang mengundurkan diri maju di Dapil Pagaralam III (Pagaralam Utara). “Nanti suratnya (pengunduran diri) akan kami sampaikan ke KPU,” ucap Suranto.

Menurut Suranto, yang bersangkutan mengundurkan diri karena faktor pekerjaan. Katanya, Bacaleg tersebut diterima bekerja di sebuah perusahaan negara. Karenanya lanjutnya, Bacaleg tersebut memilih untuk bekerja di sana ketimbang meneruskan pencalonan. Mundurnya dua orang Bacaleg tersebut, diakui Hendri otomatis membuat jumlah Bacaleg menjadi berkurang. Yang semula tercatat dalam Daftar Calon Sementara (DCS) sebanyak 337 orang menyusut menjadi 335 orang. Bila tidak masalah, 335 orang inilah yang kelak akan ditetapkan dalam DCT.

Hendri juga menyatakan, sejauh ini tidak ada Bacaleg yang telah masuk DCS tersandung masalah seperti mantan Narapidana korupsi, kejahatan seksual maupun Narkoba. Sebabnya, para mantan Napi ini sebelumnya sudah dinyatakan tak memenuhi syarat (TMS) untuk masuk DCS. Demikian pula dengan Bacaleg yang tersandung masalah gara-gara tanggapan masyarakat.

Bagaimana dengan tiga mantan Napi korupsi yang gugatannya diterima Bawaslu? Hendri mengatakan sampai dengan saat ini status tiga orang tersebut masih TMS. “Kami berpegang dengan surat edaran dari KPU RI,” ucapnya menjelaskan.

Pada 20 September nanti KPU Kota Pagaralam akan menetapkan DCT Pileg Pagaralam 2019. DCT ini akan diumumkan kepada masyarakat. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses