Mura-Linggau Tarik Ulur

Mura-Linggau Tarik Ulur
Posted by:

Lubuklinggau, Palembang Pos.-
Setidaknya, 3 aset milik Kabupaten Mura di Kota Lubuklinggau, menjadi tarik ulur tak berkesudahan. Padahal, jika ada yang mau mengalah, tentu aset itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
Ketua DPRD Lubuklinggau, Hasbi Sadiki menyatakan, mediasi yang dilakukan tak berjalan baik.  “Karena yang hadir Asisten I, tapi tak bisa mengambil keputusan karena kewenangan bupati.  Setiap kali ditanya hasil mediasi tak ada tindak lanjut dari bupati,” ujar Hasbi.
Aset tersebut yakni, Bandara Silampari, Terminal Simpang Periuk dan Gedung Olah Raga (GOR). Padahal, jika aset di Lubuklinggau diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau, maka dapat dimanfaatkan masyarakat. Tetapi kondisi aset tersebut justru terlantar.
“Bandara, meskipun ada di Linggau, tapi orang Linggau tak bisa masuk tanpa izin. Begitupun terminal dan GOR dibiarkan terlantar,” ujar Hasbi.
Padahal, jika GOR diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau, dapat diperbaiki. “Karena bukan milik Linggau, tak bisa kita alokasikan dana untuk perbaikannya. Begitupun terminal yang tak dapat dimanfaatkan,” ujar Hasbi.
Terpisah, Anggota DPRD Sumsel dari dapil Lubuklinggau Mura, menyatakan legalitas kepemilikan aset Bandara Silampari tak penting dipersoalkan. Sebaliknya, bagaimana memaksimalkan pengembangan bandara agar dapat menjadi daya dukung perkembangan ekonomi daerah sekitar bandara. Seperti, Empat Lawang, Soroangun Jambi, dan Rejang Lebong, justru lebih utama.
“Siapapun yang mengelolah bandara, asalkan dapat difungsikan optimal tak menjadi soal,” ujar Darmadi Djufri, anggota DPRD Sumsel dapil Lubuklinggau dan Mura.
     Diketahui, perebutan aset Bandara Silampari antara Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Mura, sempat membuat perang statmen antara DPRD Lubuklinggau dan DPRD Mura termasuk juga antar dua Pemda.
Bahkan beberapa fraksi DPRD Lubuklinggau sempat menolak rencana Pemkot Lubuklinggau mengucurkan Rp 10 miliar untuk percepatan pengembangan bandara. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses