Normalisasi Sungai Lengi Dipersoalkan

Normalisasi Sungai Lengi Dipersoalkan
Posted by:

*Tak Ada Koordinasi ke Pemda
MUARA ENIM – Proyek normalisasi Sungai Lengi, Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang, Muara Enim, menggunakan dana aspirasi APBD Sumsel tahun 2018 sebesar Rp 2.965.763.000 dipersoalkan. Pasalnya proyek yang dikerjakan PT Baseng Jaya Riszky itu, pada papan proyeknya tidak disebutkan volume pekerjaan normalisasi tersebut.
“Sebagai masyarakat awam tentunya sangatlah wajar jika kami mempersoalkan pekerjaan proyek normalisasi Sungai Lengi ini. Karena pada papan proyek tersebut tidak disebutkan volume pekerjaannya seperti panjang maupun kedalaman Sungai yang digali menggunakan alat berat itu tidak disebutkan,” jelas tokoh masyarakat Desa Gunung Megang Dalam, Makmur Mariyanto yang juga mantan anggota DPRD Muara Enim, Minggu (3/6/18).
Ironisnya lagi , lanjutnya, pada papan proyek tersebut disebutkan lama pekerjaan 180 hari. Namun anehnya saat ini pekerjaan proyek itu sudah selesai dikerjakan. Padahal pekerjaan proyek itu dimulai pada tanggal 2 April lalu dan tanggal 2 Juni sudah selesai.
“Saat ini alat berat eksapator yang digunakan untuk melakukan normalisasi Sungai tersebut sudah diangkat. Ini artinya pekerjaan proyek tersebut nampaknya sudah selesai dilakukan,” jelasnya.
Dijelaskan Makmur, jika melihat kondisi pekerjaan yang ada saat ini, normalisasi Sungai Lengi tersebut tidak akan berpengaruh pada penanggulangan banjir di yang hampir setiap tahun terjadi di Gunung Megang Dalam. Padahal tujuan normalisasi tersebut untuk menanggulangi banjir.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruangan (PUPR) Muara Enim, Ir H Ahmad Yani Herianto, yang berhasil dikonfirmasi mengaku mengetahui adanya pekerjaan proyek normalisasi tersebut. Namun sayangnya pihak kontraktor pelaksana proyek maupun Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek itu tidak ada melakukan kordinasi kepada Pemkab Muara Enim.
“Pekerjaan proyek itu tidak ada kordinasi ke kita. Sehingga kita tidak mengetahui secara jelas masalah volume maupun pekerjaan lain proyek itu,” jelas Yani. (luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses