Noto Komitmen Jaga Kamtibmas

Noto Komitmen Jaga Kamtibmas
Posted by:

EMPAT LAWANG –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menetapkan Pasangan Calon (Paslon) jalur perseorangan, H Yulizar Dinoto-H Kison Syahrin (HYD-HKS) menjadi Paslon nomor urut 3 pada Pilkada Empat Lawang 2018-2023. Keputusan tersebut tertuang pada surat ketetapan No. 38 bea/4/2018, prihal penetapan pasangan calon dan nomor urut bupati dan wakil bupati Empat Lawang yang dibacakan pimpinan rapat pleno penetapan pasangan calon, Mobius Alhazan, Selasa (3/4/18) malam pukul 23.00 WIB.
Pada rapat pleno yang dihadiri seluruh komisioner KPU Empat Lawang, Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan SIK, Danramil 0405 Tebing Tinggi Kol Inf Sudiyono, anggota Panwaslu, Paslon HYD-HKS beserta tim pemenangan, pimpinan rapat pleno sekaligus Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan mengatakan, rapat pleno ini dilaksanakan pada hari terakhir, yakni tujuh hari setelah putusan PTTUN Medan. Dalam putusan sidang banding, gugatan HYD-HKS tersebut yang mana KPU harus melaksanakan putusan PTTUN Medan untuk menetapkan paslon jalur perseorangan sebagai paslon pada Pilkada periode 2018-2023.
“Bukan KPU memperlambat, namun karena ada hal yang harus dikoordinasikan, sehingga penetapannya pada malam hari dan di hari terakhir,” ungkapnya.
Karena adanya putusan PTTUN Medan 27 Maret 2018 itu, lanjutnya, KPU Empat Lawang membatalkan ketetapan sebelumnya dan mengeluarkan ketetapan baru, yakni dari jalur partai Paslon nomor urut 1, HDA-HEK 16 kursi,
Paslon nomor urut 2 JM-Yus dengan partai pengusung sebanyak 19 kursi dan pasangan nomor urut 3, Paslon HYD-HKS dari jalur perseorangan.
“Perubahan penetapan paslon disahkan yakni perubahan atas keputusan tentang penetapan pasangan calon, sekaligus pengambilan nomor urut. Namun, karena sudah ada dua paslon dari jalur partai, sehingga untuk jalur perseorangan diberikan nomor urut 3,” katanya.
Lebih jauh sikatakannya, setelah penetapan ini, KPU Empat Lawang tetap memberikan sesuai haknya kepada paslon nomor urut 3, seperti Alat Peraga Kampanye (APK) termasuk fasilitasnya, salah satunya untuk ajudan paslon dari kepolisian.
“Kita akan berikan haknya sebagai calon sebagaimana calon lainnya, seperti APK dan fasilitas lainnya, untuk ajudan silahkan berkoordinasi dengan Kapolres Empat Lawang yang kebetulan hadir di sini. Untuk hal lainnya, mengenai jadwal kampanye dan sebagainya, silahkan LO-nya berkoordinasi dengan pihak KPU,” imbuhnya.
Usai pleno, ketika disinggung mengenai pengajuan Kasasi atas putusan PTTUN Medan, Mobius menegaskan, dengan berbagai pertimbangan pihak KPU tidak akan membawa perkara ini ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Selain itu, sesuai dengan hasil koordinasi dengan KPU provinsi dan KPU pusat untuk melaksanakan putusan ini.
“Setelah kita berkoordinasi dengan pihak KPU provinsi dan pusat, serta berbagai pertimbangan kita memutuskan untuk melaksanakan putusan PTTUN Medan. Ya, kalau kita mengajukan Kasasi, akan memakan waktu, sehingga tahapan penyelenggaraan pelaksanaan Pilkada Empat Lawang terhambat,” pungkasnya.
Sementara itu, usai rapat pleno itu juga Paslon jalur perseorangan, H Yulizar Dinoto didampingi Cabup, H Kison Syahrin kepada sejumlah awak media menegaskan, mereka bersama tim pemenangan komitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), karena pada Pilkada Empat Lawang kali ini masuk pada zona merah. Karena itu juga, tagline mereka kalau paslon nomor urut 1 “Lebih Damai”, paslon nomor urut 2 “Lebih Baik”, untuk paslon nomor urut 3 “Lebih Aman”.

“Tidak ada kekerasan, jangan ada ribut, kito jual program saja, kalau ado nyo ngajak belago lemaklah belaghi. Untuk debat dan kampanye akbar, kita ikut saja paslon lainnya, kalau paslon lain tidak kampanye akbar kita tidak juga, begitu juga debat kandidat, kita ikut saja, kalau dilaksanakan di Palembang, kita ikut. Yang pasti sesuai slogan kita, kami komit tidak akan ada kericuhan apalagi sampai anarkis,” pungkasnya. (cw09)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses