Obyek Wisata Jembatan Ampera dan Sungai Musi di Palembang

Obyek Wisata Jembatan Ampera dan Sungai Musi di Palembang
Posted by:

JEMBATAN Ampera adalah jembatan yang selain fungsinya sebagai penghubung antara Seberang Ulu dan Seberang hilir yang di pisahkan oleh Sungai Musi juga sebagai tempat wisata, Jembatan Ampera juga merupakan Lambang dari Kota Palembang.
Jembatan Ampera bisa di sebut Golden Gate nya Indonesia, Struktur Jembatan Ampera.
• Panjang: 1.117 meter
• Bagian Tengah: 71,90 meter
• Lebar: 22 meter
• Tinggi dari Permukaan Air: 11,5
• Tinggi Menara: 63 meter
• Jarak Menara : 75 meter
• Berat: 944 ton

Jembatan Ampera di bangun pada April 1962, awalnya Jembatan Ampera di beri nama Jembatan Bung Karno. Peresmian pemakaian Jembatan dilakukan pada tahun 1965 sekaligus mengukuhkan nama Bung Karno sebagai nama Jembatan, pada saat itu Jembatan Bung Karno adalah Jembatan terpanjang di Asia Tenggara, dikarenakan gerakan anti Bung Karno yang sangat kuat maka pada tahun 1966 nama Jembatan tersebut diganti dengan Ampera (Amanat Penderitan Rakyat) sampai sekarang.
Keistimewaan Jembatan Ampera adalah dulunya pada agian tengah Jembatan Ampera bisa di angkat yang dimaksudkan agar kapal-kapal yang melewati Sungai Musi tidak terbentur dengan badan Jembatan, pemberat masing-masing bandul mencapai 500 ton, dengan kecepatan pengangkatan bandul 10 meter per menit, pada saat bagian atas jembatan dapat diangkat kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi 44,50 meter dapat melalui sungai Musi.
Dengan alasan waktu pengangkatan bagian tengah jembatan ini di anggap menganggu arus lalu lintas di atasnya maka pada tahun 1970 di berhentikannya pengoperasian tersebut dan pada tahun 1990 bandul pemberat pada jembatan ini diturunkan.
Dan sekarang Jembatan Ampera adalah salah satu objek wisata di Palembang, oleh karena itu rasanya belum lengkap jika berkunjung ke Palembang tanpa mampir untuk melihat atau berfoto di Jembatan Ampera, karena jembatan ini sudah banyak mengalami perubahan dan sekarang Jembatan Ampera di percantik dengan lampu-lampu yang menghiasi badan Jembatan serta cahayanya yang berkilau di sungai Musi membuat kita betah berlama-lama menikmati keindahanya yang menjadi kebanggaan warga Palembang, Indonesia.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses