OCA Warning Sumsel, MXGP Tergusur hingga 2019

OCA Warning Sumsel, MXGP Tergusur hingga 2019
Posted by:

Palembang-Perhelatan MXGP Sumsel 2018 harus tertunda hingga 2019. Keputusan tersebut diambil demi mengamankan pelaksanaan Asian Games 2018.

“Dengan berat hati, MXGP yang telah kita perjuangkan harus tertunda hingga 2019,” kata staf khusus Gubernur Sumsel IGK Surya Negara, Jumat (8/9) pagi.

Surya menyebutkan, penundaan tersebut demi kepentingan yang lebih besar. Sumsel harus menyelamatkan kepentingan bangsa dengan menyelenggarakan Asian Games 2018. Olympic Council of Asia (OCA) dan Inasgoc telah memperingatkan Sumsel tentang regulasi Asian Games.

“Kita punya Jakabaring Sport City. Venue Asian Games terpusat di situ. OCA mengingatkan Jakabaring harus steril,” ulas Surya.

Steril dalam hal ini, dijelaskan Surya tidak boleh ada pembangunan fisik. Sedangkan untuk membangun sirkuit MXGP harus melakukan pembangunan besar-besaran dari nol. Sedangkan untuk membangun di tempat lain, nantinya akan mubazir.

Ditambahkan staf pribadi Gubernur Riduan Tumenggung menyebutkan sirkuit tersebut telah siap master plannya. Nantinya dibangun di atas lahan 7,5 hektar dengan panjang lintasan 1,8 km. Lahan tersebut masih rawa ‘perawan’.

“Untuk nimbun saja butuh sekitar 170 ribu kubik tanah dengan waktu berbulan-bulan. Belum lagi proses pembangunan lintasannya. Demi Asian Games, ya harus tertunda setahun,” papar Riduan.

Menurut Riduan, pihaknya sudah mendapat jaminan dari promotor untuk penyelenggaraan 2019. “Masyarakat jangan khawatir, untuk 2019 sudah fix (pasti) MXGP di Jakabaring,” tandasnya. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses