Oknum Bacaleg Positif Narkoba

Oknum Bacaleg Positif Narkoba
Posted by:

LUBIKLINGGAU – Hasil test urine bakal calon anggota legislatif (bacaleg) 2019, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Aisyah Lubuklinggau, ada yang positif mengandung narkoba. Hal itu diketahui setelah salah satu bacaleg diminta untuk melakukan test ulang.
“Ada satu bacaleg yang urinenya positif mengandung narkoba,” demikian diungkapkan Direktur RS Siti Aisyah, Dr H Mats Idris Usman, diruang kerjanya, Senin (9/7/18).
Menurut Idris, bacaleg satu ini sudah tidak bisa ditolerir. Karena pihak RSUD Siti Aisyah, telah meminta yang bersangkutan untuk melakukan test ulang, guna memastikan kembali hasil testnya. “Khawatirnya nanti dia mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu, tetapi setelah diulang ternyata hasil testnya tetap sama positif mengandung narkoba,” jelasnya.
Selain itu, dari test phisikolog dikatakan Idris hingga kemarin ada sekitar empat orang yang jawabannya bermasalah. Mereka akan dipanggil ulang untuk mengetahui kendala atau penyebabnya. “Belum ada laporan yang tidak memenuhi syarat, tetapi ada 3-4 orang yang isiannya bermasalah,” kata Idris.
Bermasalah dimaksud, dicontohkan Idris, isian/jawaban yang harusnya digambar tetapi tidak digambar. “Kita harapkan semua bacaleg ini bisa memenuhi syarat dan bisa mencalonkan diri,” tuturnya.
Kendati demikian, ditegaskan Idris, sebagai satu dari empat RS daerah di Sumsel yang ditunjuk oleh KPU dan direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan, sebagai RS tempat melaksanakan test kesehatan bagi bacaleg, tentu memiliki beban moral. Terlebih layanan test kesehatan bagi bacaleg ini mencakup empat wilayah (Lubukinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Empat Lawang). “Karena itu, pemeriksaan serius bukan abal-abal,” tegasnya.
Bukan hanya itu, tambah Idris, untuk pelaksanaan test kesehatan bacaleg, pihaknya juga melakukan pemisahan dengan pelayanan poliklinik medical biasa. Sehingga lebih leluasa. “Karena orangnya banyak, jadi kita sediakan ruangan khusus bacaleg,” jelasnya.
Sementara untuk bacaleg yang telah mengikuti rangkaian test kesehatan, hingga kemarin sekitar 900 orang. Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah. Karena selain jadwal test kesehatan baru akan berakhir Sabtu (14/7/18), juga masih banyak pihak dari bacaleg yang menghubungi pihak RSUD Siti Aisyah untuk mendaftar dan konfirmasi jadwal test kesehatan. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses