Pahami Desain Pembelajaran Akuntansi

Pahami Desain Pembelajaran Akuntansi
Dosen, Mahasiswa dan Peserta PkM di SMKN 1 Pemulutan
Posted by:

PALEMBANG- Sebagaimana kita kita ketahui, salah satu tri darma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat (PkM). Oleh karena itulah dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang mengadakan kegiatan PkM tersebut dengan tema “Pelatihan dan Workshop Desain Pembelajaran Akuntansi”. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa 15 Mei 2018 di SMK Negeri 1 Pemulutan Ogan Ilir. Perserta pelatihan dan workshop sebanyak 35 orang yang terdiri dari guru ekonomi/akuntansi, pegawai dan siswa jurusan akuntansi.
Acara PkM yang digelar setiap tahun ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM, M.Si. Hadir juga pada kesempatan ini Wakil Rektor I dan II, Kepala BAUK dan BAAK, Ketua LPPKMK, Dekan dan wakil dekan dari Fakultas FKIP, Ekonomi, Teknik, MIPA, Perikanan, Direktur Pascasarjana, Ketua LPM, Kepala SMKN 1 Pemulutan dan wakil kepsek serta dewan guru. Pada kesempatan ini juga diadakan penandatanganan MoU antara Rektor UPGRI dengan Kepala SMKN 1 Pemulutan.
“Salah satu follow up MoU ini adalah memberikan kesempatan kuliah gratis di PGRI bagi alumni SMKN 1 Pemulutan dan diskon bagi guru yang kuliah di pascasarjana. Hal ini seiring dengan visi universitas PGRI melaju dengan mutu” ujar rektor Bukman Lian.
Sedangkan dosen Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UPGRI yang menjadi nara sumber pada PkM ini adalah Zahruddin Hodsay SPd MM, Chandra Kurniawan SE MSi, Hendri Gunawan MPd, Erma Yulaini SPd MSi, Neta Dian Lestari SPd MM, Depi Pramika SPd MSi dan Nova Pratiwi MPd. Mahasiswa yang juga terlibat sebagai nara sumber antara lain Nur Agung Dinarto, Yudistira, Nisrina, Sri Gita Mutri Dewi dan Liska Novia Sari.
Koordinator kegiatan PkM Nova Pratiwi MPd mengatakan bahwa seluruh materi pelatihan dan workshop di SMKN 1 Pemulutan ini merupakan hasil dari penelitian dosen dan mahasiswa yang berkaitan dengan desain pembelajaran akuntansi di sekolah, khususnya jurusan akuntansi.
Seperti Pemanfaatan Bukti-Bukti Transaksi Rumah Tangga Dalam Pembelajaran Akuntansi oleh pak Hodsay, Limbah Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan oleh ibu Neta, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Terhadap hasil Belajar Siswa oleh ibu Depi. “Ada juga Pengembangan E-modul Akuntansi oleh pak Hendri, Administrasi Sarana Pendidikan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi oleh ibu Erma dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Pengalaman (Experiential Learning) oleh saya sendiri” tutup Nova. (del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses