Pahri: Kaji Ulang IUP

Pahri: Kaji Ulang IUP
Posted by:

Muba,Palembang Pos.-
Bupati Musi Banyuasin (Muba), Pahri Azhari memastikan, pihaknya melakukan kajian ulang terkait izin usaha penambangan (IUP) seluruh perusahaan tambang di Muba.“Kita diberi deadline KPK dan Kementerian ESDM, hingga Desember untuk evaluasi IUP perusahaan tambang. Instruksi tersebut kita laksanakan dengan kaji ulang seluruh IPU yang ada,” ujar Pahri, usai memimpin rapat persiapan MTQ, kemarin.
Dia menjelaskan, saat ini masih ada perusahaan belum menyandang predikat
Clean and Clear (CnC). Keadaan tersebut disebabkan berbagai faktor, seperti masalah perbatasan, tumpang tindih lahan, iuran reklamasi, royalty dan sebagainya. “Dari 69 perusahaan tambang di Muba, 29 diantaranya belum CnC,” ujarnya.
Disinggung pertambangan yang masuk hutan konservasi, Pahri menegaskan, pihaknya akan membentuk tim mendata ulang. Hal ini guna mengetahui rinci apakah perusahaan tambang tersebut masuk wilayah hutan konservasi atau tidak.
Selain itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan tambang.  Sebab ada perusahaan yang NPWP dan PBB-nya di Jakarta. Akibatnya, Muba tidak mendapatkan pajak dari aktivitas perusahaan tersebut.
Sementara, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Muba, Zulfakar menambahkan, masih ada perusahaan tambang di Muba belum membayarkan royalti. “Memang sebagian besar belum bayar royalty. Umumnya, perusahaan belum CnC dan mempunyai permasalahan seperti perizinan,” pungkasnya (omi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses