Palembang Canangkan Gerakan Sadar Lapor

Palembang Canangkan Gerakan Sadar Lapor
Posted by:

PALEMBANG- Kota Palembang mulai menerapkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SPN4 –LAPOR!), melalui Gerakan Sadar LAPOR.
Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Pemprov Sumsel, Edwar Juliarta, mengatakan, pengaduan pelayanan publik merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan publik.
Sesuai amanat UU No. 25/ 2009 tentang Pelayanan Publik, instansi pemerintah wajib menyediakan unit pengaduan pelayanan publik.
Edwar mengatakan, Gerakan Sadar LAPOR ini sekaligus untuk melakukan promosi, edukasi, dan penyebaran informasi mengenai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dengan menggunakan platform nasional, aplikasi LAPOR.
“LAPOR hadir tidak hanya untuk memberikan suatu bentuk layanan, tapi juga kritik dari masyarakat juga terhadap penyelenggara negara,” katanya.
Kehadiran Aplikasi LAPOR diharapkan memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan, dengan menyiapkan beberapa kanal untuk memudahkan pengaduan seperti SMS 1708.
“Dengan adanya Gerakan Sadar LAPOR ini, penyelenggaraan layanan publik dapat lebih baik lagi,” imbuhnya.
Perwakilan Ombudsman Sumsel, Adrian Agustriansyah, mengapresiasi Pencanangan Gerakan Sadar LAPOR ini karena sejalan dengan tugas dari Ombudsman sendiri sebagai pengawas penyelenggaraan publik.
“Ini menjadi terobosan di bidang pelayanan publik. Aplikasi ini mempermudah masyarakat yang ingin melaporkan dan mengeluhkan pelayanan publik. Tentunya tidak hanya keluhan saja tapi juga aspirasi dan saran,” ujarnya.
Adrian mengatakan, semua yang berkaitan dengan proses pelayanan publik, seperti ketidakpuasan masyarakat, saran, aspirasi, maupun usul yang terkait penyelenggaraan publik serta pembangunan, bisa disampaikan melalui Sadar LAPOR ini.
“Contohnya jalan rusak yang diakibatkan dari pembangunan LRT juga bisa disampaikan. Harapannya dengan adanya Gerakan Sadar LAPOR ini menjadikan fungsi penyelenggaraan pelayanan publik lebih baik lagi.”
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Yanurpan Yany, mengharapkan masyarakat dapat aktif melaporkan setiap pelayanan publik yang dianggap kurang memuaskan. “Percuma aplikasi bagus kalau tidak ada interaksi dari masyarakat,” ujar Yanuarpan.
Ia menerangkan, masyarakat dapat menyampaikan laporan melalui situs http://www.lapor.go.id atau sms ke 1708. Kepada pelapor diminta untuk menguraikan pokok permasalahan lengkap dan kronologis. Sebutkan waktu dan tempat kejadian. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lampirkan bukti pendukung. Lampirkan foto. Yang terakhir sertakan tagar atau tanda pagar lapor apabila mengadu via twitter. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses