Palembang Jadi Rujukan Nasional Peduli Kebersihan

Palembang Jadi Rujukan Nasional Peduli Kebersihan
Posted by:

PALEMBANG- Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mengusung tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah”. Dimana puncak peringatan HPSN tahun ini, dipusatkan di Palembang, tepatnya di Kambang Iwak Family (KIF) Park Palembang.
Acara tersebut dihadiri langsung Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah Limbah B3 Kementrian LHK, Rosa Vivin Ratnawati dan Duta Lingkungan Hidup RI, Marcela Zalianty.
Sesuai temanya, kegiatan diawali dengan aksi pungut sampah di sepanjang Kambang Iwak, dilanjutkan dengan acara seremonial, dan talkshow peduli.
Rosa Vivin Ratnawati mengungkapkan, peringatan hari peduli sampah kali ini mengusung tema “Sayangi Bumi Bersih dari Sampah”, dimana kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat jika sampah adalah sumber dari berbagai bencana di dunia.
“Dengan tema ini dan dengan #bersihbisakok diharapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap sampah, menjaga lingkungan,” ungkap Rosa.
Rosa mengapresiasi Palembang yang selama ini komitmen terhadap penanganan sampah. “Kami lihat Palembang sudah bersih, masyarakatnya juga sudah peduli terhadap lingkungan, tadi sepanjang jalan nyaris tidak menemukan sampah, ini harus terus dijaga,” kata Rosa.
Kegiatan tahun ini sengaja diadakan di Palembang, karena selain akan menjadi tuan rumah Asian Games, kota pempek ini kini menjadi rujukan nasional atas kepeduliannya terhadap kebersihan.
“Setiap Minggu pagi aktif menggerakkan gotong royong yang dilakukan seluruh jajaran pemerintahan yang dipimpin langsung Walikotanya. Ini patut diapresiasi karena membangun komitmen terhadap penanganan sampah. Kami lihat Palembang sudah bersih, masyarakatnya juga sudah peduli terhadap lingkungan, tadi sepanjang jalan nyaris tidak menemukan sampah, ini harus terus dijaga terus,” imbuhnya.
Sementara Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib mengatakan, sebagai tuan rumah Asian Games, Palembang harus bersih. Oleh karena itu, semua stakeholder harus terlibat dalam penanganan sampah.
“Tugas yang paling berat itu bagaimana membangun kesadaran masyarakat untuk peduli sampah, percuma segala upaya Pemerintah lakukan, kalau masyarakatnya tidak punya kepedulian,” ungkap Akhmad Najib.
Akhmad Najib mengatakan, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Palembang dalam upaya melakukan penyadaran terhadap masyarakat.
“Semenjak kepemimpinan Pak Harnojoyo yang lalu, digalakkan gerakan gotong royong setiap minggu pagi di seluruh kelurahan Palembang. Hal ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat terkait sampah,” ujar Najib. (ika/rel)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses