Palsukan Proposal Masjid

Palsukan Proposal Masjid
Posted by:

BANYUASIN – Kejahatan bukan hanya ada niat pelaku, tetapi adanya kesempatan. Nah, pribahasa ini menceritakan perilaku orang yang tidak bertanggung jawab sejumlah orang yang ‘pura-pura’ meminta sumbangan kepada masyarakat namun untuk kepentingan pribadi.
Ironisnya untuk meyakinkan orang, pelaku memalsukan proposal bantuan masjid. Inilah yang terjadi di Kota Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, belum lama ini. Sebelumnya warga Kelurahan Kayuare Kuning, Kecamatan Banyuasin III, Banyuasin menangkap seorang pria bernama Irwansyah (35) warga 1 Ulu Kota Palembang nekad menipu masyarakat dengan meminta sumbangan dana untuk pembangunan menara Masjid Al-Hijriyah, Selasa (13/2/18).
Terkait hal itu, jajaran Polsek Pangkalan Balai berhasil menangkap 5 orang pelaku lainnya yaitu Madi (50), Junaidi (31), Leni (16), M Kholil (45), warga SU 1 Kertapati Palembang dan Sana (34), warga Plaju Palembang, Mereka beraksi di siang bolong, melakukan penipuan meminta sumbangan mengatasnamakan sumbangan masjid.
Modus yang dilakukan pelaku asal Kota Palembang ini, mengaku dari salah satu panitia pembangunan masjid dan Panti Asuhan.
Namun setelah diskroscek rupanya yang bersangkutan tidak mencari dana untuk pembangunan masjid tersebut, melainkan demi kepentingan pribadi. Dalam sehari beraksi, penipu ini dapat menghasilkan uang ratusan ribu rupiah.
Menanggapi kasus ini, Anggota DPRD Banyuasin, Suis Tiqlal Effendi SE Msi meminta semua pihak terkait untuk lebih mengawasi proposal yang mengatasnamakan masjid. Jika ditemukan kejanggalan silahkan lapor ke DPRD Banyuasin. Pemerintah Kabupaten Banyuasin, sudah memiliki alokasi khusus untuk bantuan pembangunan masjid.
“Terkait hal ini (aksi penipuan berkedok sumbangan,Red) semua pihak terkait harus melakukan pengawasan intensif agar jangan sampai penipuan berkedok sumbangan ini membuat masyarakat resah. Kita selaku dewan tentu mendukung semua upaya Pemkab maupun pihak kepolisian untuk melakukan pencegahan dan penanganan tegas,” tukasnya. (cw04)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses