Panik Dikejar, Jambret Hamburkan Uang

Panik Dikejar, Jambret Hamburkan Uang

Palembang – Aksi kejahatan jambret dengan modus gembos ban mobil, terjadi Rabu (21/6/2017) sekitar pukul 14.30 WIB, diparkiran halaman Palembang Trade Center (PTC) Mall, Kecamatan Ilir Timur II.
Korbannya, Syah Bandi (44) bersama anaknya Anca (14), warga Jalan Ali Gathmir, Lorong Papan RT5/2, Kelurahan 11 Ilir, kehilangan Rp 30 juta tinggal tersisa Rp 9.136.000 usai dihambur-hamburkan pelaku jambret.

Dasar sial, aksi pelaku kepergok korbannya hingga meneriakinya maling. Satu pelaku Nurdiansyah alias Udin (25), warga Desa Sukadana Kecamatan Kayuagung OKI, panik spontan menghamburkan uang yang akan dibawa kaburnya.

Namun massa yang ramai dan terlanjut mengepungnya langsung mengejar dan menyerangnya. Saat itu, petugas kepolisian Polsek Ilir Timur II melihat kejadian langsung melakukan pengejaran. Seketika tersangka dilumpuhkan dengan sebutir timah panas hingga mendarat di kaki kanannya. Tak hanya itu, massa yang geram langsung menjadikannya bulan-bulanan hingga babak belur.

Peristiwa itu berawal dari bapak dan anak, baru saja menukarkan uang tunai Rp 30 juta di Bank BTN, di Jalan Kol H Burlian, lalu hendak pulang ke rumah.

Saat melintas di Simpang Lampu Merah, Jalan Angkatan 66, korban mendengar suara angin bocor. Kedua tersangka mengendarai sepeda motor dari luar berteriak, memberitahu korban bahwa ban mobilnya bocor.

Namun Syah Bandi seakan sudah mengetahui firasat tidak beres. Ia mengatakan kepada anaknya biarkan saja ban bocor, terus saja jalan untuk nyari tempat aman untuk parkir.

Korban terus melajukan kendaraannya ke area parkir PTC mall dan mengganti ban mobil disana. Saat korban turun, sambil meletakan posisi uang di bawah jok penumpang depan.
Lalu korban mengganti ban kiri bagian belakang yang pecah. Tapi karena lupa mengunci pintu, pelaku membuka pintu dan mengambil uang yang dibungkus kantong plastik tersebut.

“Waktu bapak lagi ganti ban, aku ikut menengok ke bawah. Aku lihat ada kaki di dekat mobil dari kolong. Pas aku lihat, ternyata pelaku ngambil uangnya,” ungkap Anca.

Seketika itu, Anca berteriak maling, dan pelaku melarikan diri menuju jalan raya, komplotannya sudah menunggu di atas motor. Warga yang mendengar teriakan korban segera bereaksi mengejar pelaku.

Takut tertangkap, pelaku berupaya menghamburkan sebagian uang ke jalan raya dengan maksud mengalihkan perhatian massa. Tapi pelaku sudah terkepung warga dan ada polisi tidak bisa berkutik lagi.
Sedangkan satu pelaku lagi berhasil kabur.

Kapolsek Ilir Timur II, Kompol M Hadiwijaya ST menegaskan, telah mengamankan satu pelaku jambret dengan modus gembos ban. “Pelaku kita beri tindakan tegas karena berusaha kabur. Kasusnya sedang kita kembangkan untuk memburu pelaku lainnnya. Identitasnya sudah kita kantongi,” tegas Hadi Wijaya. (adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply