Pantai Timur Banyak Desa Tertinggal

Pantai Timur Banyak Desa Tertinggal
Bupati OKI, Iskandar SE melakukan tandang desa dibeberapa desa tertinggal di OKI. Foto Muin/Palembang Pos
Posted by:

KAYUAGUNG – Sedikitnya, 75 desa di Kabupaten OKI, masih berstatus tertinggal. Hal ini sesuai data Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten OKI, tersebar di 18 kecamatan.
Kepala BPMPD OKI, Hj Nursula dalam kesempatan Tandang Desa dibeberapa desa tertinggal di OKI menyebutkan, secara bertahap 75 desa tertinggal itu diupayakan dibebaskan dari status tertinggal. Kebanyakan, Desa tertinggal masih didominasi wilayah Pantai Timur.
“Upaya kita untuk menjadikan desa tertinggal menjadi desa maju, yakni program tandang desa, desa tersebut dikunjungi bupati bersama seluruh SKPD,” ujar Nursula.
Dijelaskan Nursula,  tahun ini ada  25 desa yang berstatus desa tertinggal akan dikunjungi. Kemudian 2017 nanti, sebanyak 25 desa.
“Kita targetkan tiga tahun kedepan, OKI bebas desa tertinggal. Saya harapkan kepala desa agar melaksanakan pembangunan Desa agar mempercepat pembangunan desa,” pungkasnya.
Ditambahkan Bupati OKI, Iskandar mengaku, ada beberapa kriteria 75 desa di OKI dinyatakan berstatus tertinggal.
Diantaranya, penduduk miskin kemudian infrastruktur desa masih buruk.
“Masyarakat kita tak tertinggal apalagi miskin. Tetapi infrastruktur kita tertinggal, masih sangat kurang terutama wilayah timur,” ungkap Bupati.
Dijelaskan bupati, pihaknya sengaja mengunjungi satu persatu desa tertinggal dengan membawa seluruh pimpinan SKPD. Sehingga setiap SKPD yang terlibat dapat inventarisir kebutuhan masyarakat.
“Maksud saya dalam kunjungan ini, agar bisa bersama membangun desa. Terutama infrastruktur jalan, agar bisa melihat langsung, kekurangan dan sarana prasarana yang dibutuhkan desa,” jelas Bupati. (jem)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses