Panwas Prabumulih di Demo

Panwas Prabumulih di Demo
Posted by:

Prabumulih, Palembang Pos.-
Enam minggu menjelang pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota kota Prabumulih, Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) Kota Prabumulih, digoyang aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh puluhan masyarakat Kota Prabumulih yang tergabung dalam Komunitas Kawal Pilkada (KKP) Kota Prabumulih, Rabu lalu (09/5/18).
Sebelum berorasi didepan Kantor Panwaslu Kota Prabumulih di Jalan Padat karya Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, para pengunjuk rasa berkumpul didepan Planet biliar yang jaraknya sekitar 200 meter dari Sekretariat Panwaslu Kota Prabumulih.
Selanjutnya, para pengunjuk rasa melakukan aksi long march menuju panwaslu. Setibanya didepan sekretariatr panwaslu yang telah dijaga oleh aparat kepolisian dari Polres Prabumulih, para pengunjuk rasa langsung melakukan orasi didepan komisioner panwaslu kota prabumulih.
Dalam orasinya, Doni Andreas selaku koordinator aksi menuding, panwaslu tidak menjalankan tugas dan fungsinya secara baik alias “Tidur”. Tak hanya itu saja, panwaslu juga dituding tidak netral dalam menjalankan tugasnya sebagai lembaga pengawas penyelenggaraan pemilu.
Panwaslu ini terkesan tidur dan diduga tidak netral dalam menjalankan tugas, karena itu kami mempertanyakan apa saja yang sudah dilakukan panwaslu,” ujar Doni Andreas dengan suara lantang.
Selain itu dalam orasinya juga para pengunjuk rasa meminta agar, pemerintah kota (pemkot) dan Komisi Pemilihan Umum Kota Prabumulih dapat memastikan seluruh warga Kota Prabumulih dapat menjalankan hak konstitusionalnya dengan terdaptar dalam daftar pemilih tetap (DPT).
“Kami minta penyelanggara pilkada (KPU, Panwaslu dan DKPP) agar mampu melaksanakan tugas menyelenggarakan pilkada dengan lebih demokratis, berdasarkan azaz langsung umum bebas dan rahasia, jujur dan adil serta mengedepankan independensi maupun netralitas sebagai penyelenggara pilkada,” ucapnya.
Lebih lanjut pria yang juga merupakan Ketua LSM AMPERA Kota Prabumulih ini meminta, supaya KPU Kota Prabumulih dapat mensosialisasikan aturan pilkada dengan satu pasangan calon kepada masyarakat kota prabumulih serta mendesak Panwaslu mebgusut indikasi pelanggaran pilkada baik oleh perangkat penyelenggara pelaksana pilkada maupun pihak lain
“Kami minta DKPP dapat menindak tegas dan mengusut indikasi ketidaknetralan KPU Prabumulih dan kami meminta penyelenggara pilkada melakukan transparansi penggunaan anggaran, pemyampaian keterbukaan penggunaan anggaran agar disampaikan kepada masyarakat secara luas,” cetusnya.
Terakhir para pengunjuk rasa meminta supaya, panwaslu dapat bekerja sama berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “jangan berpihak atau tidak netral,” kata Doni.
Menanggapi tudingan dan tuntutan para pengunjuk rasa tersebut, Ketua Panwaslu Kota Prabumulih, Herman Julaidi SH secara tegas membantah, tudingan yang mengatakan pihaknya tidak menjalankan tugas alias “Tidur”. Menurut Herman, sejak dilantik pihaknya selalu menjalankan tugas sesuai dengan tahapan dan perundang-undangan.
Lebih lanjut mantan anggota DPRD Kota Prabumulih ini menegaskan, dirinya menjamin seluruh komisioner panwaslu kota prabumulih tidak berpihak alias netral. Jika memang ada indikasi ketidaknetralan sambung Herman, masyarakat dapat melaporkan kepada DKPP. (Dewan kehormatan penyelenggara pemilu. “Kami menjamin sampai detik ini kami netral,” tegasnya.
Akan tetapi kata Herman, jika hendak melapor ke DKPP masyarakat harus disertai bukti dan data akurat. Sebab jika tidak disertai bukti dan data akurat sambung herman, pihaknya dapat melakukan tuntutan balik. “Jangan sampai melap[or itu fitnah, karena bisa kena tuntut balik.” ancam pria yang menyandang gelar sarjana hukum ini.
Menyinggung masalah pelanggaran Pilkada walikota dan wakil walikota, Herman mengungkapkan, pihaknya telah menerima dua laporan yakni mengenai dua oknum ASN yang dinilai tidak netral dan penggunaan mobil dinas. Akan tetapi, kedua laporan itu tidak memenuhi syarat.
“Sementara yang terbaru ada laporan dari relawan kotak kosong ke bawaslu provinsi, tapi dilimpahkan kepada kita untuk ditindaklanjuti. Ada oknum ASN hari ini kita lakukan karema masuk dalam kepengurusan relawan kotak kosong,” pungkasnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses