Parpol Lama Kembali Divertual

Parpol Lama Kembali Divertual
Posted by:

 

PAGARALAM – Partai politik peserta Pemilihan Umum 2014 harus bersiap-siap. Mahkamah Kontitusi telah memutuskan, Parpol peserta Pemilu 2014 kembali diverifikasi faktual (Vertual). Sebelumnya, dalam undang-undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017 disebutkan; Vertual hanya diberlakukan bagi Parpol baru dan yang berada di daerah otonomi baru (DOB). Adapun untuk Parpol peserta Pemilu 2014 tak perlu lagi diverifikasi faktual.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi SE MSi membenarkan perihal putusan MK yang memerintahkan Parpol peserta Pemilu 2014 untuk ikut Vertual lagi. Namun kata Yenli, KPU Kota Pagaralam baru akan bergerak bila sudah ada petunjuk dari KPU RI. “Jadwalnya belum tahu, karena Juknis (petunjuk dan teknis) belum ke luar. Untuk Vertual harus ada pedomannya,” ucap Yenli, kemarin.

Menurut Yenli, putusan MK tersebut tidaklah mengejutkan. Sebab kata dia, hal yang serupa pernah terjadi pada Pemilu 2014. Saat itu, dalam UU Pemilu yang lama, Vertual hanya berlaku bagi Parpol baru. Sedangkan Parpol lama tak perlu diverifikasi faktual lagi. Namun setelah ada putusan MK, aturan itu berubah. Dalam putusannya ketika itu, MK menyatakan semua Parpol wajib ikut Vertual.

Karena pengalaman itu, Yenli memperkirakan Parpol peserta Pemilu 2014 di Pagaralam tidak akan kaget lagi dengan putusan MK tersebut. Dia berharap Parpol Pemilu 2014 di Pagaralam dapat mempersiapkan segala sesuatunya menyambut kedatangan tim Vertual dari KPU. Apalagi kata dia, KPU sudah sering mengingatkan Parpol peserta Pemilu 2014 untuk bersiap-siap bila nanti ada putusan MK.

Pada Pemilu 2014 lalu diikuti 12 Parpol yakni Golkar, Gerindra, Nasdem, PBB, PDI P, PKB, PKS, Demokrat, Hanura, PAN, PPP, dan PKPI. Dari 12 Parpol ini, dua di antaranya sudah diverifikasi faktual oleh KPU Pagaralam beberapa waktu lalu. Dua Parpol tersebut adalah PKS dan PKPI. Karena itulah, diakui Yenli, Parpol peserta Pemilu 2014 di Pagaralam yang akan diverifikasi faktual sebanyak 10 partai.

Sebagian besar Parpol peserta Pemilu 2014 di Pagaralam yang dihubungi Palembang Pos, menyatakan kesiapannya untuk diverifikasi faktual lagi. Mereka mengklaim sudah mengantisipasinya sejak lama. “Kami ikuti perintah saja. Kalau harus faktual, kami akan ikut,” ucap Ketua DPC PKB Kota Pagaralam, Drs Tajeri SR.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Pagaralam, Jonsi Hartono Amd menyatakan, Partai Gerindra sudah siap untuk mengikuti Vertual KPU. “Tidak ada persoalan,” ucap Jonsi, kemarin. Senada diutarakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD Partai Nasdem Kota Pagaralam, Suranto yang mengaku sudah mendengar perihal Vertual bagi Parpol peserta Pemilu 2014. “Kami sudah mempersiapkannya sejak lama. Kantor, susunan pengurus dari tingkat kota sampai kelurahan sudah ada. Anggota pun sudah siap,” ucap Suranto.

Dihubungi terpisah, Sekretaris DPW PBB Sumatera Selatan, Misnan Hartono menyatakan pihaknya belum bisa berkomentar terlalu banyak perihal Vertual bagi Parpol peserta Pemilu 2014. Pihaknya masih menunggu keputusan dari DPP PBB. “Tapi, kalau memang semua Parpol harus diverifikasi faktual secara nasional, kami siap,” ucap Misnan.

Adapun Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pagaralam, Geo Ferlando SH mengaku tidak terlalu terkejut dengan putusan MK tersebut. Kata dia, Partai Demokrat Pagaralam sudah mengantisipasi putusan itu sejak lama. “Bagi tidak ada masalah. Kami akan ikut aturan,” ucap Geo.

“Dari kantor, kepengurusan, sampai keanggotaan sudah kami siapkan dengan baik. Jadi, kami sudah siap untuk ikut Vertual,” ucap Ketua DPC PPP Kota Pagaralam, Fitra Jaya SE. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses