Pasar Jakabaring Di Peruntuhkan Bagi Pasar Tradisonal

Pasar Jakabaring Di Peruntuhkan Bagi Pasar Tradisonal
Posted by:

PALEMBANG – Sebagian pedagang Pasar Tradisional banyak sudah tidak asing lagi mendengar Pasar Induk atau lebih dikenal Pasar Jakabaring. Seperti diungkapkan Hamidah yang berjualan bawang merah di Pasar Modern Plaju, dimana setiap minggu dirinya selalu mengambil pasokan ke Pasar Jakabaring, dan rata-rata kebanyakan pembeli disana diperuntuhkan kepada Pedagang Pasar Tradsional.
Hamidah mengatakan saat ini harga harga bawang merah berkisar Rp 28.000 per kilogram sampai Rp 30.000 per kilogram, harga itu tergantung kualitas bawang sendiri. Waktu puasa kemarin memang saya menaikkan harga bawang merah, karena modal ambil stok bawang sudah tinggi. Tapi sekarang bawang merah sudah kembali normal. “Saya sendiri mengambil bawang merah di Pasar Jakabaring, soalnya disana memang pusat kebutuhan. Disanakan diperuntuhkan kepada Pedagang Pasar Tradisonal yang banyak mengambil, semakin banyak maka akan semakin murah,” katanya.
Soalnya bawang merah ini didapat dari Kabupaten luar Palembang, jadi untuk masuknya saja harus melintasi Pasar Jakabaring. “Bedanya dengan mengambil di pusat, kita bisa melihat sendiri baik kualitas dan harga bawang ini, ,” ujarnya.
Diakuinya, sebenarnya kenaikan bawang merah dipicu oleh suplai dari Kabupaten ke Palembang, jika suplai berkurang otomatis harga akan kembali naik, dan jika pasokan normal maka harga mulai mengalami penurunan. “Sebenarnya daya beli masyarakat juga mempengaruhi kenaikan, namun jika pasokan stabil maka akan sulit harga akan naik,” jelasnya.
Hal sama dikatakan, Aldo pedagang bawang merah di Pasar Modern Plaju mengatakan Ia juga mengambil bawang ini dari Pasar Jakabaring, soalnya semua kebutuhan sayur masyur di Pasar Jakabaring lengkap dan murah. Memang sekarang belum ada kenaikan akan harga bawang, namun dirinya menilai naik turunnya bawang ini masih wajar. “Makanya tergantung ketersediaan, semakin stok bawang banyak maka tidak ada kenaikan barang,” katanya.
Mudah-mudahan dengan harga bawang yang kembali stabil tentu tidak ada kenaikan. “Ya, prediksi kita sampai bulan depan stok bawang merah masaih tetap aman,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses