PDAM Realisasikan Layanan 100 % Air Bersih

PDAM Realisasikan Layanan 100 % Air Bersih
Posted by:

PALEMBANG- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang menargetkan tahun 2019 nanti pelayanan air bersih 100 persen kepada seluruh warga Palembang. Saat ini, PDAM Tirta Musi sudah melayani 82 persen warga Palembang.
Direktur PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, pelayanan air 100 persen ini menjadi target PDAM Tirta Musi di usia ke-42 tahun 2018. Dimana, saat ini beberapa pengembangan Instalasi Pengelolaan Air (IPA), terus dilakukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tersebut.
“Ini sesuai instruksi Walikota saat ini perusahaan terus melalukan pengembangan terhadap beberapa IPA yang eksisting dan pembangunan IPA baru di wilayah Seberang Ulu,” katanya, disela-sela perayaan HUT PDAM Tirta Musi ke-42 di halaman Kantor PDAM di Jalan Rambutan, Minggu (8/4/18).
Andi menambahkan, ada beberapa Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang dikembangkan. Sehingga produksi air bersih bisa ditingkatkan,” jelasnya.
Lebih lanjut disampaikan Andi, adapun pengembangan dilakukan terhadap IPA Karang Anyar gang akan ditingkatkan jadi 400 liter per detik, kemudian Poligon dari 30 liter per detik ditingkatkan jadi 150 liter per detik dan pengembangan IPA Borang juga ditingkatkan jadi 150 liter per detik.
“Semua IPA eksisting kita tingkatkan, kecuali di Seberang Ulu yang kita bangun baru. Dimana, pelayanan air bersih di wilayah itu bisa melayani dengan capaian 500 liter per detik,” jelasnya.
Andi berharap masyarakat sabar, karena adanya pemgembangan ini membuat beberapa wilayah sedikit menganggi distribusi air bersih yang dilakukan PDAM ke pelanggan. Dimana, pada tahun ini juga akan ditingkatkan produksi air bersih.
“Kami terus meningkatkan pelayanan air bersih ke seluruh masyarakat Kota Palembang. Hal itu sesuai komitmen Walikota sejak tahun 2017 lalu, untuk memenuhi layanan 100% air bersih bagi masyarakat itu sendiri,” imbuhnya.
Dalam kesempatan ini juga, masyarakat di beberapa wilayah juga diminta untuk masyarakat sabar, karena beberapa wilayah belum dapat dipenuhi sambungan air bersihnya sementara waktu.
“Kita pastikan setelah menyelesaikan peningkatan yang sedang dilaksanakan tahun ini, akan kita penuhi bagi penambahan sambungan baru di wilayah Gandus, Tanjung Barangan, Talang Jambi, Sukarami dan Sako,” ulasnya.
Untuk pembangunan IPA baru di Seberang Ulu, Andi menargetkan pembangunan selesai pada akhir Mei atau awal Juni 2018 ini. Sehingga, dapat dipastikan distribusi air bersih di wilayah tersebut tidak memiliki hambatan terkait kebutuhan produksi air bersih.
“Sekarang progresmya sudah 80%. Jadi kedepan dostrinjso air bersih lebih lancar. Bahkan bisa hidup 24 jam,” tandasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses