Pecat 35 Karyawan, PT CLS Dituding Semena-mena

Pecat 35 Karyawan, PT CLS Dituding Semena-mena
Puluhan Mantan Karyawan CLS, saat melepor ke Disnakertrans Kabupaten Banyuasin, Rabu (9/8). Foto Heri Palembang Pos

BANYUASIN – Sikap semena – mena manageman PT Citra Lestari Sawit (CLS) melakukan pemecatan 35 orang karyawan, berbuntut panjang, pasalnya mantan karyawan tersebut melaporkan kejadian ke pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Banyuasin, pada Rabu (9/8).Dari hasil laporan mantan karyawan PT CLS, pemecetan yang dilakukan perusahaan perkebunan sawit tersebut tanpa memberikan alasan yang jelas. Untuk itu mereka menuntut pihak perusahaan supaya dapat mengembalikan hak nya sebagai pekerja.

“Kami datang kesini untuk minta dilakukan mediasi oleh Disnakertrans Banyuasin agar pihak perusahaan memberikan haknya,”ujar Lupi mantan karyawan PT CLS Sebagai karyawan yang telah bekerja sejak tahun 2011 lalu, mengaku tidak menerima atas pemecatan terhadap dirinya dan begitu juga dengan nasib sejumlah pekerja yang lain.Menurutnya, keputusan adanya pemberhentian karyawan dianggap semena-mena, meskipun perusahan memberikan pesangon untuk karyawan kecuali status Pekerja Harian Lepas (PHL).

“Perusahaan memberikan pesangon Rp 4 juta saya tolak dengan alasan tidak menerima atas pemecatan tersebut. Saya berharap dipekerjakan kembali oleh perusahaan,” harapnya.Ketua Federasi Nikeuba Banyuasin Joko saat mendampingi sejumlah pekerja ke Disnakertran Banyuasin tersebut menjelaskan pihaknya berharap masalah ini dapat diselesai dalam mediasi Tripatit, karena sebelum itu hasil dari mediasi Bipatrit antara pekerja dan perusahaan tidak ada penyelesaian.

“Ada 35 orang karyawan PT CLS yang dipecat sepihak oleh perusahaan yang melapor kepada kami, minta untuk mendampingi agar masalah ini dapat diselesaikan melalui mediasi,” katanya. Namun jika mediasi Tripatit ini tidak ada keputusan maka akan dilanjutkan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) sesuai dengan Undang-Undang No 22 Tahun 2004.Saat dikonfirmasi Kabid Hubungan Industrial dan BPJS Disnakertrans Banyuasin Teddy Noveri membenarkan jika ada pengaduan dari sejumlah pekerja yang mengaku telah dipecat sepihak oleh PT CLS di Pulau Rimau.“Sesuai dengan jadwal kita akan dilakukan mediasi Tripatit tahap pertama,” tukasnya. (cw04)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply