Pelajar Diberikan Wawasan Kebangsaan

Pelajar Diberikan Wawasan Kebangsaan
Posted by:

PALEMBANG – Mencegah perilaku yang menyimpang serta dampak negatif di kalangan pelajar. Hal inilah yang melatari anggota DPD RI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dimana dalam himbauannya turut menggandeng Universitas Indo Global Mandiri (IGM) melakukan sosialiasai wawasan kebangsaan kepada pelajar MAN 2 Palembang.
Pasalnya sekarang ini perilaku sebagian siswa saat ini dinilai sudah melupakan nilai perjuangan bangsa. Akibatnya, siswa tidak lagi memiliki nilai attitude terhadap guru.
Usai memberikan himbauan dalam sosialisasi Wawasan Kebangsaan di MAN 2 Palembang, Sabtu (10/2/18). Anggota DPD RI Perwakilan Sumsel Hj Asmawati SE MM mengatakan saat ini pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi Wawasan Kebangsaan di sekolah. Dengan harapan, siswa bisa membentengi diri dari perkembangan arus globalisasi yang bisa memberikan pengaruh negatif. “Siswa harus diperkuat lagi dengan nilai-nilai wawasan bangsa. Sebab, dalam wawasan kebangsaan sendiri ada empat pilar yang bisa dimaknai siswa seperti NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila dan UUD 1945,” katanya.
Ia menjelaskan, keterbukaan informasi yang tidak terkontrol membuat generasi muda dengan leluasa mengakses informasi yang tidak baik. Oleh sebab itulah, pihaknya menjadi salah satu penggagas mengembangkan kurikulum wawasan kebangsaan di sekolah. “Kasus siswa membunuh guru yang terjadi di Sampang menjadi contoh jika generasi muda sudah lemah dalam memahami 4 pilar. Oleh sebab itulah, kami secara intens mendatangi sekolah untuk mengingatkan kembali nilai-nilai perjuangan yang ada di materi Wawasan Kebangsaan,” jelasnya.
Hal senada dikatakan pemateri sosialisasi wawasan kebangsaan dari Dekan Ilmu pemerintahan UIGM, Isabella mengatakan dirinya sebagai dosen turut prihatin dengan keadaan pelajar sudah banyak menyimpang, apalagi ada berita mengenai pelajar yang membunuh gurunya. “Tentu kita ingin mencegah khususnya baik pelajar MAN 2 Palembang maupun sekolah lain, untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut salah satunya memberikan pengetahuan akan wawasan pelajar dalam mendalami pancasila, sehingga adanya pengetahuan ini pelajar bisa menjauhi sifat tersebut,” katanya.
Pihaknya juga mewakili UIGM berserta ibu Asmawati memberikan kesempatan para pelajar, seperti memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi. “Ya, apabila ada pelajar sekolah yang memiliki prestasi baik itu akademik maupun non akademik, salah satunya bisa hafal 30 juz, maka pihak UIGM akan memberikan beasiswa full kepada pelajar tersebut, mulai dari awal hingga tamat kuliah UIGM,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Tata Usaha MAN 2 Palembang H Sofyan SPdi MSI menyambut baik sosialisasi wawasan kebangsaan yang diberikan anggota MPR/DPD RI. Dengan sosialisasi ini, dia berharap agar siswa bisa memahami 4 pilar kebangsaan. “Kami berharap wawasan kebangsaan yang ada di 4 pilar bisa diimpelemtasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kami juga berharap banyak apa yang disampaikan kepada siswa MAN 2 Palembang, bisa memotivasi seperti memberikan kesempatan kepada siswa yang hafal 30 juz,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses